User CBR 150 Lokal (K45) Akan Susah Mengganti Knalpot Aftermarket (Racing)?
Info dari Mas Taufik, author of TMCBlog, bahwa mesin CBR 150 Lokal akan sama dengan CB 150R Street Fire.
Strategy ini tak lain untuk mengurangi production cost sang motor yang berkode K45, sehingga harga tak terpaut jauh dengan kompetitornya, Yamaha R15
Memang ada perbedaan di ECU, dimana Street Fire masih menggunakan sistem injeksi open loop yang artinya ketiadaan sensor O2 yang berguna untuk mengatur semprotan bahan bakar dari injector ke ruang bakar sehingga tercipta pembakaran sempurna dan bisa mengurangi emisi gas buang.
Sedangkan di K45, sistem injeksi sudah close loop yang berarti sudah ada sensor O2.
Perbedaan lainnya mungkin dengan merubah settingan ECU, sehingga tenaga CBR 150 lokal lebih tinggi daripada CB 150R Street Fire
Sayangnya, karena mesin CBR 150 lokal hampir sama dengan mesin CB 150R SF, berarti sensor O2 di CBR 150 lokal akan berada di leher knalpot, berbeda dengan posisi sensor O2 di CBR 150R CBU Thailand, yang berada di kepala silinder. Bagi penulis, peletakan posisi sensor O2 di leher knalpot itu menyusahkan user CBR 150 lokal.
Kenapa Ben?
Karena itu akan menyusahkan user CBR 150 lokal untuk mengganti knalpot aftermarket (racing), terutama knalpot custom no branded. Dan user CBR 150 Lokal tidak bisa saling bertukar dengan user CBR 150R CBU atau CB 150R Street Fire.
Saran saya siihh, sebaiknya posisi sensor O2 tetap mengikuti design CBR 150R CBU, sehingga user CBR 150 Lokal tidak kesusahan dalam mengganti knalpot aftermarket.
Kan katanya mesin CBR 150 Lokal sama dengan CB 150R Street Fire. Jadi kalau ngikutin ide kamu, Street Fire yang berganti spek dengan menggunakan sensor O2 dong Ben?
Ya saya harap sih begitu, biar udara ga semakin parah tercemar 😀
ah nggak juga
SukaSuka
Mossookk :v
SukaSuka
sing penting menak gae mbonceng cewek ben (kalo punya)
#ehh
SukaSuka
Hayyaaahhh
SukaSuka
kan knalpotnya slip-on CMIIW
SukaSuka
Blm tentu 🙂
SukaSuka
dulu ada yg posting katanya slip-on,,, kalo gk salah baca 😀
SukaSuka
TWTL
SukaSuka
nih
http://iwanbanaran.com/2014/08/09/wow-honda-cbr150-lokal-disinyalir-dibekali-knalpot-slip-on/
SukaSuka
Hhhmm….
Berarti yg seneng suara kenceng bisa beli silincer duank 😀
SukaSuka
wah iya juga yo…
http://sijidewe.com/2014/08/15/ada-5-kemungkinan-marquez-turun-2-balapan-moto2-dan-motogp-pada-seri-valencia-motogp-2014/
SukaSuka
Makane kui
SukaSuka
wah…
SukaSuka
😀
SukaSuka
Kayaknya slip on deh lik
ganti silincer aja
SukaSuka
Asik lak ngunu 😀
SukaSuka
nggih maas
SukaSuka
Mboten mbah :v
SukaSuka
Tunggu ae
SukaSuka
Tunggu apane?
SukaSuka
sori nih artikel udh bbrp bulan baru ane kasih info ke kalian, abis ini lagi browsing2 eh nemu artikel blog ini..hehehe
ane user cbr lokal, ane udah ganti knalpot akrapovic full system. bisa dipasang koq ke cibi ane, and masih ngebaca sensor o2 nya.. pdhl sih akra ane ini buatan indonesia (ane lupa daerah nya), tapi yg jelas cbr ane aman2 aja pake knalpot ini..ibarat kata ini knalpot kw super..hahaaha
kl mau info ane beli dmana, email aja ane,, nnti ane kasih tau bro/sis semua
SukaSuka
Bang ben… bisa di posting leher kenalpot yg Full systemny soalny ane lg pgn beli leher nya tkt ga sama… bantu info ke email ane bang foto leherny ya… jiekumajaya@gmail.com
SukaSuka
tenang gan,leher angsa knalpot custom yg utk cbr pasti ada lubang sensor o²(kya punya ane)..tinggal pastikan agan pesen yg ada lubang sensornya
SukaSuka
Kalau sensor knalpotnya gk dipasang krn putus dan hilang apa yg akan trjadi dengan cbr lokal ini…
SukaSuka
ane pakai tuch knalpot racing dri purbalingga&cbr punya lubang sensor o² dilekukan leher angsa..terserah agan,mau ganti full system/gak.krna knalpot ori cbr punya shock2an dideket footstep,yg bisa dilepas antara silencer&leher angsa.kalauPun mau ganti full system,skrg banyak knalpot racing yg udah ada lubang sensornya dilekukan leher angsa.
SukaSuka