Lanjut ke konten

User CBR 150 Lokal (K45) Akan Susah Mengganti Knalpot Aftermarket (Racing)?

15/08/2014

image

Info dari Mas Taufik, author of TMCBlog, bahwa mesin CBR 150 Lokal akan sama dengan CB 150R Street Fire.

Strategy ini tak lain untuk mengurangi production cost sang motor yang berkode K45, sehingga harga tak terpaut jauh dengan kompetitornya, Yamaha R15

image

Memang ada perbedaan di ECU, dimana Street Fire masih menggunakan sistem injeksi open loop yang artinya ketiadaan sensor O2 yang berguna untuk mengatur semprotan bahan bakar dari injector ke ruang bakar sehingga tercipta pembakaran sempurna dan bisa mengurangi emisi gas buang.

Sedangkan di K45, sistem injeksi sudah close loop yang berarti sudah ada sensor O2.

image

Perbedaan lainnya mungkin dengan merubah settingan ECU, sehingga tenaga CBR 150 lokal lebih tinggi daripada CB 150R Street Fire

Sayangnya, karena mesin CBR 150 lokal hampir sama dengan mesin CB 150R SF, berarti sensor O2 di CBR 150 lokal akan berada di leher knalpot, berbeda dengan posisi sensor O2 di CBR 150R CBU Thailand, yang berada di kepala silinder. Bagi penulis, peletakan posisi sensor O2 di leher knalpot itu menyusahkan user CBR 150 lokal.

Kenapa Ben?

Karena itu akan menyusahkan user CBR 150 lokal untuk mengganti knalpot aftermarket (racing), terutama knalpot custom no branded. Dan user CBR 150 Lokal tidak bisa saling bertukar dengan user CBR 150R CBU atau CB 150R Street Fire.

Saran saya siihh, sebaiknya posisi sensor O2 tetap mengikuti design CBR 150R CBU, sehingga user CBR 150 Lokal tidak kesusahan dalam mengganti knalpot aftermarket.

Kan katanya mesin CBR 150 Lokal sama dengan CB 150R Street Fire. Jadi kalau ngikutin ide kamu, Street Fire yang berganti spek dengan menggunakan sensor O2 dong Ben?

Ya saya harap sih begitu, biar udara ga semakin parah tercemar 😀

25 Komentar leave one →
  1. 15/08/2014 12:13 AM

    ah nggak juga

    Suka

  2. 15/08/2014 12:41 AM

    sing penting menak gae mbonceng cewek ben (kalo punya)
    #ehh

    Suka

  3. 15/08/2014 7:55 AM

    kan knalpotnya slip-on CMIIW

    Suka

  4. 15/08/2014 9:26 AM

    Kayaknya slip on deh lik
    ganti silincer aja

    Suka

  5. 15/08/2014 2:52 PM

    nggih maas

    Suka

  6. trie permalink
    16/08/2014 4:13 AM

    Tunggu ae

    Suka

  7. benq permalink
    29/01/2015 2:32 PM

    sori nih artikel udh bbrp bulan baru ane kasih info ke kalian, abis ini lagi browsing2 eh nemu artikel blog ini..hehehe

    ane user cbr lokal, ane udah ganti knalpot akrapovic full system. bisa dipasang koq ke cibi ane, and masih ngebaca sensor o2 nya.. pdhl sih akra ane ini buatan indonesia (ane lupa daerah nya), tapi yg jelas cbr ane aman2 aja pake knalpot ini..ibarat kata ini knalpot kw super..hahaaha

    kl mau info ane beli dmana, email aja ane,, nnti ane kasih tau bro/sis semua

    Suka

    • 16/03/2015 2:12 PM

      Bang ben… bisa di posting leher kenalpot yg Full systemny soalny ane lg pgn beli leher nya tkt ga sama… bantu info ke email ane bang foto leherny ya… jiekumajaya@gmail.com

      Suka

      • Steven Choe permalink
        02/04/2016 9:01 PM

        tenang gan,leher angsa knalpot custom yg utk cbr pasti ada lubang sensor o²(kya punya ane)..tinggal pastikan agan pesen yg ada lubang sensornya

        Suka

  8. dias permalink
    29/01/2016 7:28 PM

    Kalau sensor knalpotnya gk dipasang krn putus dan hilang apa yg akan trjadi dengan cbr lokal ini…

    Suka

  9. Steven Choe permalink
    02/04/2016 8:58 PM

    ane pakai tuch knalpot racing dri purbalingga&cbr punya lubang sensor o² dilekukan leher angsa..terserah agan,mau ganti full system/gak.krna knalpot ori cbr punya shock2an dideket footstep,yg bisa dilepas antara silencer&leher angsa.kalauPun mau ganti full system,skrg banyak knalpot racing yg udah ada lubang sensornya dilekukan leher angsa.

    Suka

Tinggalkan komentar