Skip to content

Pranav Mistry, Si Jenius Penemu 6’th Sense Technology

26/06/2011

Teknologi terbaru ini dinamai 6’th Sense Technology atau Teknologi Indera Keenam. Penemunya seorang jenius asal India yang juga seorang insinyur terkenal lulusan MIT (Massachusetts Institute of Technology) bernama Pranav Mistry.

sang jenius

Pranav dengan jenius telah menciptakan alat yang memadukan gerak tubuh (gesture) dengan dunia komputasi digital. Dengan teknologi ini kita bisa melakukan apa pun tanpa harus mengunakan alat yang berbeda dan tanpa harus berada di depan komputer.

jadi inget koran di film Harry Potter :mrgreen:

Ide awal penemuan teknologi ini adalah bagaimana kita tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan gampang tanpa harus membawa banyak peralatan digital seperti kamera, ponsel, ataupun laptop, sekaligus dapat terhubung secara online terus menerus untuk menerima dan mencari informasi.

benar-benar hand phone :mrgreen:

Seperti yang didemokan oleh Pranav, dengan teknologi tersebut dia mampu menelpon hanya dengan telapak tangan tanpa ponsel, memotret hanya dengan ujung jari tanpa kamera, melihat resensi buku, melihat delay pesawat pada ticket, membuka akses internet atau Google pada selembar kertas, membaca koran dengan animasi online, dan bahkan transfer data atau teks hanya dengan menjumput dan memasukkannya ke monitor komputer.
6’th Sense Technology

1. Kamera
Webcam menangkap obyek di depan dan melakukan tracking terhadap gerakan tangan user. Data dikirimkan ke smart phone.

2. Tanda jari berwarna
Pada jari terdapat tanda berwarna merah, kuning, hijau, dan biru yang membantu kamera menangkap gerakan tangan. Namun pada perkembangan teknologi ini Pranav Mistry telah menciptakan algoritma pengenalan gerak tubuh sehingga kelak tidak lagi diperlukan tanda berwarna pada jari tersebut.

3. Proyektor
Sebuah proyektor yang menggunakan LED (light emiting diode) menampilkan data yang dikirim dari smart phone ke sembarang permukaan di posisi depan user. Bisa tembok, kertas, tangan, atau orang. Saat ini Pranav sedang merancang membuat proyektor laser agar ketajamannya lebih tinggi.

4. Smart Phone
Sebuah smart phone yang terkoneksi ke Web akan memproses data video dengan menggunakan algoritma pencitraan untuk mengidentifikasi obyek. Sebuah software khusus lain melakukan searching di Web untuk ‘menterjemahkan’ gerakan tangan.

Lalu bagaimana cara kerjanya?


Patty Maes, sang dosen Pranav menjelaskan bahwa cara kerja perangkat tersebut berdasar image and character recognition (pengenalan gambar dan karakter).

Alat utama yang digantungkan di dada terdiri dari webcam, proyektor mini, cermin, dan smart phone. Sedangkan pada ujung jari telunjuk dan jempol kedua tangan dipasang colored cap (tanda berwarna), yang terdiri dari empat warna berbeda, merah, hijau, kuning dan biru.

motret hanya dengan jari

Kamera berfungsi mengenali gambar, wajah, atau teks, sekaligus mengenali gerakan perintah kedua ujung jari telunjuk dan jempol.

Proyektor digunakan untuk menampilkan interface (sebagai pengganti monitor) sekaligus menampilkan data-data tertentu yang akan diproyeksikan ke sembarang media mulai dinding, kertas, hingga telapak tangan.

note paper 😛

Sedangkan smart phone digunakan untuk komunikasi suara dan akses data dengan Web.

Menurut Patty perangkat teknologi ini masih berupa prototype, dan biaya pembuatannya tidak lebih dari US$350. Jika rencana produksi secara masal terwujud hampir pasti harganya jauh lebih murah dengan disain yang lebih simpel dan futuristik.

ngga perlu jam tangan :mrgreen:

Mengapa dinamai 6’th Sense Technology? Masih menurut Patty karena perangkat ini dikendalikan berdasarkan gerakan tubuh kita seakan-akan melengkapi lima indera yang lain. Itulah alasannya.

Silahkan simak video berikut, yang mungkin dapat membuat Anda lebih kagum.

sumber : kaskus

Iklan
11 Komentar leave one →
  1. 26/06/2011 10:03 PM

    1st

    Suka

  2. 26/06/2011 10:04 PM

    Oh,berarti penggabungan beberapa alat ya.kirain

    Suka

    • MKV permalink
      27/06/2011 9:20 AM

      kl cmn gabungin beberapa alat mah semua jg bisa…cm menggabungkan semua alat tsb dan menggunakan gerakan tubuh yg sedikit tuk menggunakan semua alat2 tsb..TANPA mennyentuh alatnya (lwt proyeksi cahaya) itu mah super luar biasa!!!!

      Suka

  3. 27/06/2011 10:39 AM

    keren dah kek di pelem-pelem, menanti aj diluncurkan ke psar..

    Suka

  4. 27/06/2011 11:42 AM

    mantab Ni Orang India,, Orang Indonesia..???

    Suka

  5. raya permalink
    27/06/2011 12:36 PM

    berarti cuma nama doang sixth sense, tapi masih pake gerak dan sensor optik.. dulu sudah ada yang bikin tangan palsu yang digerakkan oleh gelombang otak, pake sensor yang ditempel ke kulit. kalo dikembangkan pasti bisa menggerakkan segala peralatan tanpa gerakan apapun, cukup mikir aja.. kursi roda stephen hawking mungkin juga pake sensor gelombang otak juga..

    Suka

  6. chi permalink
    27/06/2011 3:28 PM

    amazing ,,,

    Suka

  7. kuro22id permalink
    28/06/2011 7:42 AM

    ajib idenya

    Suka

  8. 28/06/2011 1:14 PM

    siapa penemu gula jawa ya . . . ? :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

  9. sijidewe aka snalpot99 permalink
    28/06/2011 8:46 PM

    ruaaaaaaaaarrrrrrrrrrr… biasaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..

    india selain maju di otomotif juga sudah maju duluan di bidang Teknologi informasinya.. manteb..

    indonesia ayoo bisa.. saingi :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: