Skip to content

Komparasi : Yamaha R15 vs Honda CBR 150R Lokal K45

21/09/2014

image

Naaahh…. Mari kita mulai bakar bakaran :mrgreen:
Kedua sport fairing 150cc made in pabrikan jepang ini memang sedang booming. R15 namanya melambung tinggi karena indennya mengular dan design yang ciamik. Sedangkan CBR150R adalah motor sport fairing pertama yang diproduksi AHM dan menurut hasil polling di blog mas Saiful Banaran…. Eehh… Mas Iwan Banaran unggul telak atas R15.

Skema komparasi ini dibagi atas 6, yaitu design, performa akselarasi, performa top speed, handling, kenyamanan riding dan fitur.
Sedangkan penilaian berdasarkan point, dengan point maksimal 100 dan minimal 0 di setiap pembahasannya.

1. Design

Yamaha R15

image

Design R15 benar benar menampilkan aura sporty fairing bike, kesan tajam tersaji mulai dari fairing depan sampai buntut belakang, dari design R15 sudah mencerminkan karakter “motor cepat”. Ini diperjelas dengan riding position yang lebih menunduk daripada CBR150R. Untuk design motor sport fairing saya bisa bilang sempurna.
Point : 100

Honda CBR150R

image

Design CBR150R menunjukkan jatidiri Honda yang tetap menampilkan kesan “elegan” dan cocok digunakan untuk remaja sampai orang tua. Design CBR150R lebih kalem daripada seterunya R15. Menurut saya design ini kurang cocok karena motor sport fairing itu = racing & cepat, bukan elegan.
Point : 75

2. Performa Akselarasi

Yamaha R15

image

Akselarasi R15 terbilang smooth, mulai dari gigi 1 sampai gigi 6. Tapi power delivery merata dari rpm bawah sampai atas. Hentakan akselarasi R15 terasa kurang, ini berbeda dengan ciri khas motor motor Yamaha yang jago di putaran bawah.
Point : 70

Honda CBR150R

image

Akselarasi CBR150R terasa galak, dalam setiap perpindahan gigi kita merasa ada hentakan torsi yang tersalur ke roda belakang, sepertinya Honda benar benar men setting ECU dan noken as supaya galak di putaran bawah
Point : 90

3. Performa Top Speed

Yamaha R15

image

Top speed R15 cukup bejaban, dengan record top speed 132 kpj yang berhasil diraih oleh 2 test rider, BladeusMagz dan Warung DOHC. Tapi top speed ini hanya berbeda 2 kpj jika dibandingkan oleh New Vixion
Point : 80

Honda CBR150R

image

Top speed CBR150R belum tereksplore oleh BladeusMagz, record tertinggi yang pernah diraih hanya 110 kpj di sirkuit dadakan kemayoran, tapi dengan spek DOHC, minimal top speed sama dengan R15
Point : 70

4. Handling

Yamaha R15

image

Rupanya handling R15 tak sesempurna design sporty nya. Untuk melibas tikungan, R15 butuh tenaga lebih dan body position yang lebih miring mengikuti arah tikungan, ini disinyalir karena panjangnya wheelbase R15 dan kecilnya ukuran ban depan standar R15
Point 70

Honda CBR150R

image

Handling CBR150R superb… Di lintasan sirkuit dadakan yang notabene hanya cocok untuk balap motor bebek, CBR150R sangat mudah ditekuk mengikuti arah tikungan, handlingnya serasa memakai motor underbone, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk menjinakkan CBR150R di tikungan
Point : 100

5. Kenyamanan Riding

Yamaha R15

image

Karakter riding sporty mengurangi nilai R15, bila kita gunakan R15 sebagai kendaraan operasional sehari-hari, kita akan terasa lebih lelah daripada kompetitor, terlebih bagi pillion alias boncenger, posisi jok yang tinggi, kecil dan jauh dari rider jelas akan menyiksa.
Tapi toh inilah resiko motor sport fairing yang berkarakter sporty
Point : 75

Honda CBR150R

image

Riding position CBR150R lebih bersahabat daripada jagoan Yamaha. Posisi rider tidak terlalu membungkuk, sehingga lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari. Untuk boncenger, posisi duduk lebih nyaman karena posisi jok tidak terlalu tinggi, lebar dan lebih dekat dari rider
Point : 85

6. Fitur

Yamaha R15

image

Fitur Yamaha R15 lumayan lengkap, kita biaa temukan engine kill switch di handle kanan dan passing beam di handle kiri, minus nya ialah tak adanya jam di speedometer dan side stand switch.
Point : 85

Honda CBR150R

image

Fitur yang ada di CBR150R hanyalah jam di speedometer, minusnya tak adanya engine kill switch, passing beam dan side stand switch.
Point : 75

Dari ulasan diatas hasil perolehan nilai adalah

Yamaha R15 : 480
Honda CBR150R : 495

Bagaimana beroo…?
Semoga review komparasi ini dapat berguna bagi pembaca BladeusMagz.

contact us @ :

E-Mail : bladeusblog@gmail.com
Whatsapp : +6285731167361
Facebook : BladeusMagz
Twitter : @biker_gamer
Youtube channel : Benny Purnomo

Iklan
66 Komentar leave one →
  1. 21/09/2014 12:34 AM

    Heeeemmm…..manut aja…
    soalnya lum ngetes dewe ๐Ÿ™‚

    Hasil poliing,banyak pembaca yakin CBR150R akan lebih moncer dibanding R15. – http://wp.me/p208su-2tB

    Suka

  2. ibud permalink
    21/09/2014 12:40 AM

    Utk disain fairing, saya pilih cbr150.
    Utk buntut, R15 keren banget bro.

    Kombinasi keduanya ada di minerva pastinya hehehe…

    Suka

  3. pengamat blog permalink
    21/09/2014 2:11 AM

    untuk top speed harus nya di tiadakan dl mbah, krn cbr kan blm dpt top speed nya,sedang r15 sudah dpt..
    atau pun kl mau maksa hrs nya cbr lah yg dpt nilai lbh tinggi dr r15 di kategori topspeed,sebab dengan trek lurus yg ga da separuhnya dr trek lurus sentul besar cbr bs dpt 110kpj..

    Suka

  4. 21/09/2014 5:51 AM

    artikel yg bisa bikin fby meradang

    Suka

  5. 21/09/2014 5:54 AM

    sekalian nitip hasil komparasi oeang awam (belum test-ride)
    http://motogokil.com/2014/09/20/komparasi-face-to-face-all-new-cbr150r-dan-r15-antara-kelebihan-dan-kekurangan/

    Disukai oleh 1 orang

  6. jusvan permalink
    21/09/2014 8:54 AM

    Top speed menang cbr boz yg ngetes moto plus disentul

    Suka

    • 21/09/2014 9:47 AM

      biar imbang, ini saya lagi cari siapa pemilik K45 yang rela dipinjemi unitnya untuk test di sentul om ๐Ÿ™‚
      #lirak-lirik :mrgreen:

      Suka

      • 22/09/2014 10:59 AM

        ajak2 kalo mau test di sentul ๐Ÿ˜€
        Waktu M+ ngetes R15 vs CBR150 CBU, itu CBR ane yg di pake.
        Siapa tau bisa dapat gambaran dari test ketiganya di sentul gede..

        Suka

      • 22/09/2014 12:21 PM

        Siaaappp om (y)

        Suka

  7. 21/09/2014 9:51 AM

    r15 bner2 fairing motor sport abisss, harusnya tenaganya jga lbih joss ktmbang cbr150

    Suka

  8. 21/09/2014 10:15 AM

    gue sih yg penting motor keren.. motor mahal ya bgusnya d nikmati.. r15 tu barang baru di indonesia low cbr dah biasa ga woow. low mau nyaman ya pke supra ortu..

    Suka

  9. 21/09/2014 10:33 AM

    panen hits iki

    Suka

  10. 21/09/2014 10:54 AM

    Naaaah kalo.saya piilih yg ganteng….taukan tentunya r15

    Suka

  11. broom permalink
    21/09/2014 11:06 AM

    ga salah tuh design r15 dpt 100. haaha. kan bnyak yang bilang cengkrik, kurus, kepala lele njeber. piye toh. revisi dong….

    Suka

    • 21/09/2014 11:08 AM

      kan menurut saiah sebagai penulis om
      bagi saya design R15 sempurna ๐Ÿ™‚

      Suka

  12. 21/09/2014 11:20 AM

    tumben mongtor sayap kepleh mudah diajak nikung :mrgreen:

    Suka

    • 21/09/2014 11:22 AM

      naahh itu dia
      saya aja sendiri kaget pas nyoba lik ๐Ÿ™‚

      Suka

      • zzz permalink
        13/12/2014 3:23 PM

        mestine ga kaget lah bro , wheel base nya itu biangnya, klo r15 panjang sangat

        Suka

  13. 21/09/2014 11:57 AM

    Tentukan pilihanmu dari sekarang…. hehee ๐Ÿ˜†

    http://potretbikers.com/2014/09/21/test-speed-memory-card-class-10-kapasitas-8gb/

    Suka

  14. fncounter permalink
    21/09/2014 12:55 PM

    jadi pengen #test ride doang ๐Ÿ˜†

    Suka

  15. clark kent permalink
    21/09/2014 1:40 PM

    Tetap saya pilih R15. Meski banyak yang bilang kalah power & muka kelebaran gak masalah buat saya. Menurut saya, poin negatif R15 ada di split seater nya…

    Suka

  16. 21/09/2014 4:03 PM

    akur ama yg ngetes ane…juosss

    Suka

  17. 21/09/2014 4:22 PM

    saya pilih….. R25 hehe

    Suka

  18. rtr permalink
    21/09/2014 5:37 PM

    om nanya dong emang top speed nvl bisa 130 yah??

    Suka

  19. Aa Ikhwan permalink
    21/09/2014 9:37 PM

    ajib ๐Ÿ˜€

    Suka

  20. JACK permalink
    21/09/2014 11:07 PM

    mnurut motorplus topspeed cbr wktu diadu sma r15 adlah 145km/jam smntra r15 133km/jam tp biasanya motor honda cbr itu penyimpangan spidometer lbih bsar dbndingkan r15 yg pnyimpangannya hnya 5%..jd kmungkinan topspeed cbr150r gk akn beda jauh dgn r15 mnurut ane pling 135km/jam atw kmungkinan bsa sma atw dibawah r15 mngingat gir belakangnya dibuat lebih besar oleh ahm dibandingkan cbr thai..

    Suka

  21. 22/09/2014 4:37 PM

    manteb neh polingya dibahas dari segala aspek, cuma agak janggal aja penilaian desain R15 bisa 100 (nilai paling bagus/sempurna) tanpa cacat sedikitpun ??????
    baru kali ini ada desain manusia yang sempurna.

    Suka

  22. 23/09/2014 6:07 AM

    buntutnya r15 nungging sangat ๐Ÿ˜ฏ

    Suka

  23. zizi permalink
    23/09/2014 8:54 AM

    Suka

  24. bimbiiimm permalink
    24/09/2014 8:08 AM

    Cari r15 yg ready stock susah bnget, pdhal udah 5bln an dari lounching nya…):

    Suka

  25. Muh. Fadhil Ramadhan permalink
    26/04/2015 7:56 PM

    itukan top speed di arena sentul… bukan di jalan lurus… buktinya ane coba di jalan lurus panjangnya 3 km… R15ku dapat 139 km/jam itupun belum dapat limitnya karena udah dapat ujung jalan… broo JACK yg blang kalau honda Cbr 15or speedometernya nyimpang 5%… kalau diperkirakan 145-5% jadi 135 or 134 kayaknya… atau mungkin lebih atau kurang dari itu… benar yg broo CLARK KLENT bilang… biarpun banyak yg blang R15 kalah peforma DSB… saya tetap setia pada R15 dan menurut ane kekurangan Yamaha R15 cuman di posisi riding aja… mmg terasa seperti motor sport sejati… tapi kalau dibawah pergi jauh tangan pada pegal… tapi kalau udah terbiasa nanti tdk bakalan gampang pegel… selain itu seperti peforma, injeksi, semua manteb dehhh…
    POINT 200 buat R15

    Suka

  26. 30/04/2015 12:09 PM

    kalau kawasaki n minerva dibandingin sma r15 dan k45
    coba bayangin
    perfom mesin kawasaki
    kenyamanan k45
    tampilan minerva
    yamaha r15 apa istimewahnya ๐Ÿ˜€

    Suka

  27. wahyu tri suganda permalink
    07/11/2015 1:49 PM

    yang penting itu kenyamanan pengendara,,ia gak,,gan,,buat d pakai se hari2,,top speed itu gak kan jauh2,,cobain ja,,d jlanan ibu kota atau ga pke mudik,,,muacet nyaa,,paling kenceng 60 km/jam,,abis itu nemu macet lagi,,,,,gmana mau ngegeberr,,,?????

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: