Skip to content

Crash Test : Shark Race-R PRO Carbon Helmet

28/07/2014

image

Jika saya menilai keefektifan standar keamanan helm dari SHARP rating, saya menanggap helm dengan predikat five-star SHARP rating itu nyaman. Tapi dari opini saya, apakah helm dengan standar itu tetap bisa melindungi kepala saya dari jatuh dari motor, mendarat dengan kepala duluan, dan berguling-guling di aspal dalam kecepatan tinggi?

Inilah yang terjadi pada saya, dan anehnya saya bersyukur mengalami kejadian itu. Helm ini telah menyelamatkan saya, dan saya sekarang mempercayainya. Bahkan saya akan membeli helm yang sama untuk mengganti helm saya yang rusak.

Walaupun saya tidak bertambah pintar dari sebelumnya, tapi kepala saya masih utuh dan saya tidak mengalami cedera

image

Saya berpikir, walaupun kita sudah bersiap siap untuk jatuh dari motor, tapi kita tidak bisa menduga kapan hal (jatuh-red) itu akan terjadi. Maka dari itu, kita harus bersiap siap untuk hal yang terburuk

Tapi mari kita berpikir ulang, walaupun kecelakaan biaa kapan saja terjadi, kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkendara daripada ndlosor dijalan. Jadi helm apa yang nyaman untuk riding?

Saya menggunakan helm Shark Race-R Pro Carbon. Helm ini memiliki ukuran lebih kecil daripada helm Shark lain, jadi walaupun ukuran kepala saya M, saya menggunakan ukuran satu tingkat diatasnya. Dan saya mengganti padding pipi supaya pas dengan kepala saya.

image

Shark menyediakan berbagai pilihan liners untuk kenyamanan penggunanya. Sayangnya helm ini cukup berisik, terdengar suara siulan angin yang sepertinya berasal dari ventilasi udara atas, dan itu terjadi saat visor dibuka. Suara ini semakin kencang saat kecepatan diatas 40mph. Ada dua pilihan untuk mengurangi suara itu, pakai earplugs atau menutup visor, tapi pilihan kedua akan sangat menyiksa rider pada saat riding di cuaca panas.

Helm berbahan carbon fiber ini memiliki bobot yang cukup enteng, hanya 1250g. Dan sudah memperoleh five-star SHARP rating.

Beli helm mahal buat apa?
Itu adalah pertanyaan yang sangat bodoh πŸ˜€

Sumber : Visordown

Iklan
8 Komentar leave one →
  1. 28/07/2014 6:42 AM

    sakne helm e πŸ˜€ kaborr

    Suka

  2. 28/07/2014 1:52 PM

    Kalo ada yang nanya apa bedanya helm mahal sama helm murah (biasa), jawab aja:

    “Coba deh pake sempak yang harganya 10rb dapet 3 sama sempak yang harganya 50rb/pcs, gimana rasanya?” πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: