Lanjut ke konten

Riding Perkotaan : Top Speed Buat Apa? Akselarasi Lebih Penting Beroo….!

13/06/2014

image

Setiap awal launching motor (terutama sport bike / yang ada bau sportynya) pasti di share top speed motor ini ….. Km/jam
Kesannya kalo motor dengan top speed tinggi itu = sporty & racing beud :mrgreen:

Tapi bagi juragan bladeus, motor yang punya top speed tinggi tidak begitu perlu di jalanan Indonesia, terutama di perkotaan. Lebih penting itu adalah akselarasi

image

Kenapa? Karena jalanan perkotaan di Indonesia terlalu banyak obstacle, mulai dari angkutan umum yang berhenti seenaknya, traffic light, jalanan yg penuh lobang, pengendara kendaraan yg nyetir seenaknya, orang nyebrang, kucing nyebrang, ayam nyebrang dll. Maka dari itu, menurut juragan, lebih baik motor yang punya akselarasi cepat daripada top speed yang tinggi

image

Contoh :

Ada 2 motor
1. Motor Honzuki CSX 250
2. Motor Yamasaki RZX 250

Spek CSX :
0-100 kpj : 30 meter ~ 4 detik
0-150 kpj : 60 meter ~ 6 detik
Top speed : 160 kpj
0-160 kpj : 100 meter ~ 8 detik

Spek RZX :
0-100 kpj : 50 meter ~ 5 detik
0-150 kpj : 100 meter ~ 7 detik
Top Speed : 176 kpj
0-170 kpj : 130 mtr ~ 9 detik

Melewati jalan raya yang setiap 200 mtr ada lampu merah
Siapakah yang menang dlm adu drag antar lampu merah?

CSX :
Meraih top speed dalam 100 meter pertama dalam waktu 8 detik, waktu yg ditempuh untuk 100 meter kedua
160 kpj = 44,4 m/s (meter per second)
Waktu tempuh
= jarak tempuh : kecepatan
= 100 m : 44,4 m/s
= 2,25 second
Jadi untuk menempuh jarak 200 meter membutuhkan waktu :
8 second + 2,25 second
= 10,25 second

RZX :
Meraih top speed dalam 130 meter pertama dalam waktu 9 detik, waktu yg ditempuh untuk 70 meter kedua
170 kpj = 47,2 m/s (meter per second)
Waktu tempuh
= jarak tempuh : kecepatan
= 70 m : 47,2 m/s
= 1,48 second
Jadi untuk menempuh jarak 200 meter membutuhkan waktu :
9 second + 1,48 second
= 10,48 second

Dari contoh perhitungan diatas, bisa kita ketahui siapa yang bakal menang di battle of traffic light
Jadi, buat apa mendewakan top speed kalo hanya dipake dalam kota saja, lha skarang aja di jabodetabek lari di kecepatan diatas 100Β  kpj dah ngeri

Sumber foto :
rudysoul.com
yudibatang.wordpress.com
iwanbanaran.com

18 Komentar leave one →
  1. 13/06/2014 12:07 AM

    top speed buat cepet2 ke semarang lek :v

    Suka

  2. 13/06/2014 12:10 AM

    Zaman saiki mah sing penting irit… Elus2 Supra Fit di rumah, lumayan akhir2 ini lebih sering jalan ketimbang tiger πŸ˜€

    Suka

  3. 13/06/2014 1:04 AM

    au ah…. mending naik revo aja…

    Suka

  4. 13/06/2014 8:10 AM

    mending pake metik yang aksel nya kenceng berarti ya

    Suka

    • 13/06/2014 8:24 AM

      Bisa dibilang begitu om, apalagi matic lebih nyaman untuk digunakan di perkotaan

      Suka

  5. RADOWO subianto permalink
    13/06/2014 10:54 AM

    Hitungannya jgn diglobalisasi om…..
    Itukan hitungan kecepatan saat gigi 6 pd RPM max.
    kalo dr lampu merah kan pake gigi 1 , 2, 3, dst…
    Jd hitungan akselerasi gigi 1, 2, 3….6 gak bisa disamakan dong.
    Rasio gir tiap gigi kan beda2.

    Suka

    • 13/06/2014 11:27 AM

      Memang, rasio gir memang pengaruh
      Ane cuma menggeneralisir seperti media2 yg test ride motor supaya mudah dimengerti πŸ™‚
      Ane anggep joki sama, shifting pada saat peak power πŸ˜€

      Suka

  6. 13/06/2014 11:00 AM

    Jdi intinya lebih baik merk H walau beda nol koma sekian detik??? Joss gan. Sdh trbukti honda mbit paling efektif melibas jalanan kota. Mau ngalahin honda??? Ngimpiiiiiiii

    Suka

Tinggalkan komentar