Review : Daihatsu Luxio D
Selama hampir 2 minggu, juragan bladeus mendapatkan kendaraan dinas Daihatsu Luxio Type D keluaran tahun 2010
Luxio ini, masih satu gen dengan kendaraan niaga andalan Daihatsu, yaitu Gran Max
Sewaktu awal menggunakan Luxio ini, penulis sangat senang, karena penulis memang senang dengan model-model van JDM (Japanese Domestic Market) terlebih juragan bladeus mendapatkan mobil yang sudah mengaplikasi velg racing 17″ dan transmisi triptronic
Kesan pertama dengan Luxio adalah Leegaaaa……, karena kabin terkesan lebar dan tinggi, sewaktu juragan mengendarainya, ada rasa kagok karena tidak terbiasa dengan posisi tongkat persneling yang berada di dashboard
Mesin 1500 cc yang diaplikasikan ternyata cukup lumayan untuk membuat luxio berlari, tarikan bawah lumayan terasa, walaupun di putaran menengah-atas tenaga terasa ngemposs…
Karena 1 gen dengan kendaraan niaga Gran Max, kaki-kaki Luxio terasa kaku dan keras, terlebih kalau menyetir sendirian, pengemudi akan diajak ajrut-ajrutan karena kerasnya shockbreaker, untuk stabilitas manuver, jangan berharap banyak dari van ini, di kecepatan 120 kph, setir mulai terasa bergetar dan saat menikung dikecepatan 80 kph gejala limbung & understeer sangat terasa (walaupun sudah mengaplikasikan velg 17″)
Untuk konsumsi bahan bakar, Luxio berada lebih irit daripada Kijang Kapsul 1800 cc EFI tetapi lebih boros daripada Avanza (sekitar 1:11)
Setelah 12 hari mengendarai Luxio Type D, akhirnya juragan bladeus menukar kendaraan dinas juragan menjadi Avanza Type G 1500cc keluaran tahun 2008
Bagaimana rasanya Avanza, tunggu artikel berikutnya
SPESIFIKASI MOBIL DAIHATSU LUXIO
Spesifikasi Teknis
|
|||||
D
|
M
|
X
|
X A/T
|
||
DIMENSI | |||||
Panjang keseluruhan |
4.165
|
||||
Lebar keseluruhan |
1.665
|
||||
Tinggi keseluruhan |
1.915
|
||||
Jarak sumbu roda |
2.650
|
||||
Jarak pijak roda depan |
1.440
|
||||
Jarak pijak roda belakang |
1.420
|
||||
Tinggi dari tanah |
180
|
||||
BERAT | |||||
Berat total kendaraan |
1.850
|
||||
KAPASITAS TEMPAT DUDUK |
8
|
||||
PERFORMA | |||||
Radius putar minimum |
4,7
|
||||
MESIN | |||||
Tipe |
3SZ-VE DOHC VVT-I Berpendingin air
|
||||
Kapasitas silinder |
1.495
|
||||
Jumlah silinder |
4 silinder segaris
|
||||
Jumlah katup |
16
|
||||
Diameter x langkah |
72,0 x 91,8
|
||||
Tenga maksimum |
97 / 6.000
|
||||
Torsi maksimum |
13,7 / 4.400
|
||||
Sistem bahan bakar |
EFI (Electronic Fuel Injection )
|
||||
Bahan bakar |
Bensin Tanpa Timbal
|
||||
Kapasitas tangki bahan bakar |
43
|
||||
TRANSMISI | |||||
Tipe |
Manual, 5 kecepatan maju
|
Otomatis, 4 kecepatan maju
|
|||
Gigi 1 : 3,769
|
Gigi 1 : 2,731
|
||||
Gigi 2 : 2,045
|
Gigi 2 : 1,526
|
||||
Gigi 3 : 1,376
|
Gigi 3 : 1,000
|
||||
Gigi 4 : 1,000
|
Gigi 4 : 0,693
|
||||
Gigi 5 : 0,838
|
–
|
||||
Mundur : 4,128
|
Mundur : 2,290
|
||||
Rasio gigi akhir |
4,875
|
5,125
|
|||
SISTEM KEMUDI | |||||
Tipe |
Rack & Pinion dengan Power Steering
|
||||
REM | |||||
Depan |
Cakram (Disc) berventilasi dengan booster
|
||||
Belakang |
Drums, leading & trailing
|
||||
Rem parkir |
Mekanis pada roda belakang
|
||||
SUSPENSI | |||||
Depan |
McPherson struts dengan per keong
|
||||
Belakang |
5 link, rigid-axle dengan per keong
|
||||
BAN | |||||
195/65 R15
|
|||||
Velg Standard
|
Velg alloy
|
||||
KESELAMATAN | |||||
Seatbelts 3-point ELR |
Depan & Baris ke-2
|
Depan, Baris ke-2 & Baris ke-3
|
|||
Anti-Lock Braking System (ABS) |
–
|
Ada (Optional)
|
Ahirnya pakai mobil ter……banyak 😀
SukaSuka
heheheheh….
incer irit’e lik 😀
SukaSuka
pelg wes gentenan, Ben
SukaSuka
iyo mas, nggarai nambah ajrut-ajrutan 😀
SukaSuka
Ajib.. Luxio emang luas dalemannya
SukaSuka
ho’oh gan 🙂
SukaSuka
dibandingkan milk choco shoknya lbh kaku ya mas.
semoga bisa punya satu biji suatu hari nanti
SukaSuka
amiinnn….
iya mas, shock nya jauh lebih kaku daripada milkchoco
SukaSuka
share aja juragan.
klo menurut ane angka speedo 120 kph ngga menunjukkan kecepatan sebenarnya.
hal ini dikarenakan kaki2 luxio agan udah make 17″.
bentar ane maka dulu :hammer:
SukaSuka
diameter total ban std ma ban velg 17″ beti kok yud
SukaSuka
mantap
. velg byson?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/11/velg-yamaha-byson-peyang-retak-pecah-ada-apa-ya/
SukaSuka
mreneo pan, tak ajak mlaku2 nang jakarta
SukaSuka
mlaku? gah lek, panas, kesel sisan 😀
SukaSuka
next artkel : ijeh enak apanza 1.5
SukaSuka
wekekekekekekeke
SukaSuka
kanggo keluarga rekomend ora ben?
keep brotherhood,
salam,
SukaSuka
tergantung jumlah keluarganya om
lak suami-istri dengan anak 2 ga rekomen, soalnya mubajir, mending sedan / yg paling besar avanza
kalau anak lebih dari 4 baru rekomen om 🙂
SukaSuka
yang kusuka adalah penempatan perseneng di dashboar membuat ruang diantara dua jok depan terasa sedikit lega, cmiiw
SukaSuka
sebenarnya ruang diantara jok luxio sempit mas, soalnya jok depan sedikit ke tengah (ga mepet pintu) karena di ruang kaki, injekan gas sedikit ketengah akibat spakbor roda depan
SukaSuka
mantap
SukaSuka
beli bro
SukaSuka
kalo menurut ane saat di 50-60 kpj ke atas larinya cepet banget tapi kalo sudah 110kpj baru agak lemot sampai topspeed…. 😀
soal limbung ini lucunya ada beda2 opini, punya ane nggak limbung tapi ada juga luxio lain yang limbung. Tapi andaikata limbung bisa tambah swaybar depan agar rigid bermanuver
overall reviewnya mantaff….!!! 😛
SukaSuka
thx bro 🙂
SukaSuka
Gan bukan nya Avanza G 2008 itu 1300, kecuali yang S 1500
SukaSuka
Wiihh…
Iya salah ketik
SukaSuka
woh boil aseg 😮
SukaSuka
jooossss…..
SukaSuka
ini versi yang uda ABS blom om ?
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
SukaSuka
belum masbro 🙂
SukaSuka
kalo yg tipe M ama X apa ya pada bae gan?
SukaSuka