Riding Guide : Cornering
Kali ini Situs MCN merilis cara melewati persimpangan dengan aman
Cornering adalah teknik yang paling mengasyikkan dalam teknik berkendara motor. Bila kita berhasil melewati tikungan dengan teknik yang benar, maka itu akan terasa mengasyikkan. Panduan dari IAM (Institute of Advanced Motorists) dan MCN akan meningkatkan kemampuan Anda menikung di jalan umum.
- Untuk mengembangkan keterampilan menikung aman, lancar dan progresif yang Anda butuhkan untuk menangani setiap tikungan dengan cara yang tepat berdasarkan pengamatan yang baik, perencanaan dan line saat sebelu, melewati dan keluar tikungan
- Sebelum melewati tikungan, check kaca spion anda, apakah ada kendaraan lain yang mungkin akan menyalip anda
- Bila kondisi aman, posisikan motor anda dengan benar. Posisikan motor anda di sisi kiri jalur untuk melewati tikungan ke kanan, atau berada di posisi tengah jalur anda (tapi jangan melewati garis pembatas lalu lintas kecuali benar-benar aman) Reposisi ini meningkatkan pandangan Anda melalui tikungan dan memungkinkan untuk menikung dengan halus. Posisi anda dalam mengekusi tikungan (di in-out) jangan terlalu jauh karena membuat pengguna jalan lain bingung bahkan bisa menempatkan Anda dalam bahaya.
- Mengeremlah saat anda belum memasuki tikungan, ilmu “slow in-fast out” adalah cara terbaik dalam melewati tikungan, hindari pengereman saat di tikungan, karena akan membuat kita melebar di out bahkan bisa membuat kita terjatuh
- Ingat, kecepatan yang anda tempuh saat akan melewati tikungan harus sesuai dengan Limit Point of Vision (LPOV). LPOV adalah titik terjauh ke depan di mana Anda memiliki pandangan yang jelas didepan – di mana sisi kanan dan kiri muncul untuk memenuhi.
- Perjalanan pada kecepatan yang memungkinkan Anda untuk berhenti (di jalur anda) dalam jarak Anda dapat melihat jelas – jarak antara Anda dan LPOV. Ini menentukan seberapa cepat Anda dapat dengan aman masuk ke sudut. Semakin dekat LPOV, semakin sedikit waktu dan jarak Anda. semakin lambat anda melaju, dan sebaliknya
- Jika Anda mengamati LPOV pada pendekatan ke tikungan atau persimpangan, Anda akan melihat bahwa itu bisa bergerak dalam kaitannya dengan Anda. Jika bergerak lebih dekat, memperlambat dan pastikan Anda dapat berhenti dalam jarak LPOV. Gunakan teknik ini untuk memaksimalkan pengamatan anda dan mengatur kecepatan Anda sebagai Anda mendekati tikungan.
- Carilah lubang dan saluran air atau bahaya lain yang dapat mempengaruhi saat Anda menikung. Terus menerus memeriksa LPOV, menyesuaikan kecepatan Anda jika diperlukan. Jika LPOV relatif statis untuk Anda maka Anda berada pada kecepatan yang benar untuk bernegosiasi tikungan. Pilihposisi perseneling yang tepat untuk melaju dengan mulus dan konsisten melalui sudut.
- Gunakan teknik “Positive Steering” (lihat dibawah) untuk memiringkan posisi motor saat melewati tikungan dengan sudut yang melandai, bukan dengan memiringkan motor dengan tiba-tiba
- Saat anda menikung, posisikan throttle gas anda dengan seimbang, untuk menjaga kestabilan kecepatan anda, bukan untuk berakselarasi, supaya roda anda mendapat grip yang maksimal
- Bila Anda berada di tikungan, periksa LPOV. Jika mulai menjauh dari Anda, pertimbangkan mempercepat. Ketika Anda keluar tikungan, kembali menonton LPOV. Jika seperti bergerak menjauh dari Anda dan membuka jalan keluar, mulailah mempercepat kecepatan anda jika kondisi aman.
- Hampir semua kecelakaan di tikungan adalah akibat dari pengendara, bisa disebabkan karena tidak fokus, ceroboh atau gaya sruntulan. Faktor-faktor lain, seperti ban yang aus atau permukaan jalan yang licin, kadang-kadang memang menjadi penyebab, tetapi biasanya pengendara yang harus disalahkan karena observasi miskin, perencanaan yang buruk atau kecepatan yang terlalu tinggi.
- Camber dari permukaan jalan (yang miring sengaja jalan untuk membantu drainase) dapat membantu Anda saat anda menikung ke kiri, tetapi bekerja melawan Anda saat anda menikung ke kanan. Selalu mengamati permukaan jalan Anda berada, mengadaptasi kecepatan dan posisi yang sesuai.
Positive Steering
Di atas kecepatan tertentu, pengendara harus memiliki masukan positif untuk membuat sepeda miring sesuai arah tikungan, ini adalah teknik Positive Steering (atau dikenal dengan isstilah counter steering) dan ini adalah teknik menikung dengan halus dan aman
Saat anda akan menikung ke kanan, Anda perlu mendorong lembut pada setang kanan (handle grip kanan). Ini menyebabkan motor miring ke kanan dan membantu anda untuk melewati tikungan. Di kecepatan tinggi dan tikungan yang memiliki sudut sempit, teknik positive steering sangat diperlukan. Di sebuah tikungan kanan Anda juga dapat menarik kembali pada stang kiri untuk membuat sepeda lebih mering dan lebih cepat.
Untuk tikungan ke kiri, teknik ini untuk mendorong maju di stang kiri dan menarik kembali pada setang kanan.
Posisi mengendarai Anda adalah faktor penting untuk mencapai kemudi akurat, proporsional dan progresif. Anda harus memiliki sebuah lekukan yang proposional dalam siku Anda dengan pegangan santai di setang dan bahu rileks. Sudut antara lengan dan kaki garpu harus sebagai dekat dengan 90 ° sebagai mungkin.
video counter steering
Sip
SukaSuka
ok
SukaSuka
Titip kang
SukaSuka
monggo kang 🙂
SukaSuka
sip lah.
SukaSuka
😀
SukaSuka
ngeri kalo salah, mantatap kalo bener
SukaSuka
yo sinau’e di jalan sepi laah 🙂
SukaSuka
gak mudeng aku mas,
pokoke bejeg ae . . . .
keep brotherhood,
salam,
SukaSuka
ngga mudeng seng pundi mas sabdho??
SukaSuka
Countersteering enaknya dipake di motor batangan…
dipake di motor bebek sensasinya kurang terasa..
SukaSuka
benar juga sih, tapi counter steering buat bebek asik juga looh, apalagi pas hujan
SukaSuka
nek iku jenege kepleset rekkk!
dai kapan iki adu gasruk dengkul??? ❓
SukaSuka
wkwkwkwkwkkw
insyaallah tanggal 17 sept ziz 😀
SukaSuka
Tar d praktekin….hehehe
SukaSuka
prakteknya di tempat yang aman ya masbro 🙂
SukaSuka
ajibbb… 😀
SukaSuka
thx Sangat Membantu Mas 😀
SukaSuka
thx kembali om
SukaSuka