Skip to content

Riding Guide : Cornering

15/08/2011

Kali ini Situs MCN merilis cara melewati persimpangan dengan aman

Cornering adalah teknik yang paling mengasyikkan dalam teknik berkendara motor. Bila kita berhasil melewati tikungan dengan teknik yang benar, maka itu akan terasa mengasyikkan. Panduan dari IAM (Institute of Advanced Motorists) dan MCN akan meningkatkan kemampuan Anda menikung di jalan umum.

  • Untuk mengembangkan keterampilan menikung aman, lancar dan progresif yang Anda butuhkan untuk menangani setiap tikungan dengan cara yang tepat berdasarkan pengamatan yang baik, perencanaan dan line saat sebelu, melewati dan keluar tikungan

  • Sebelum melewati tikungan, check kaca spion anda, apakah ada kendaraan lain yang mungkin akan menyalip anda
  • Bila kondisi aman, posisikan motor anda dengan benar. Posisikan motor anda di sisi kiri jalur untuk melewati tikungan ke kanan, atau berada di posisi tengah jalur anda (tapi jangan melewati garis pembatas lalu lintas kecuali benar-benar aman) Reposisi ini meningkatkan pandangan Anda melalui tikungan dan memungkinkan untuk menikung dengan halus. Posisi anda dalam mengekusi tikungan (di in-out) jangan terlalu jauh karena membuat pengguna jalan lain bingung bahkan bisa menempatkan Anda dalam bahaya.
  • Mengeremlah saat anda belum memasuki tikungan,  ilmu “slow in-fast out” adalah cara terbaik dalam melewati tikungan, hindari pengereman saat di tikungan, karena akan membuat kita melebar di out bahkan bisa membuat kita terjatuh

  • Ingat, kecepatan yang anda tempuh saat akan melewati tikungan harus sesuai dengan Limit Point of Vision (LPOV). LPOV adalah titik terjauh ke depan di mana Anda memiliki pandangan yang jelas didepan – di mana sisi kanan dan kiri muncul untuk memenuhi.
  • Perjalanan pada kecepatan yang memungkinkan Anda untuk berhenti (di jalur anda) dalam jarak Anda dapat melihat jelas – jarak antara Anda dan LPOV. Ini menentukan seberapa cepat Anda dapat dengan aman masuk ke sudut. Semakin dekat LPOV, semakin sedikit waktu dan jarak Anda. semakin lambat anda melaju, dan sebaliknya
  • Jika Anda mengamati LPOV pada pendekatan ke tikungan atau persimpangan, Anda akan melihat bahwa itu bisa bergerak dalam kaitannya dengan Anda. Jika bergerak lebih dekat, memperlambat dan pastikan Anda dapat berhenti dalam jarak LPOV. Gunakan teknik ini untuk memaksimalkan pengamatan anda dan mengatur kecepatan Anda sebagai Anda mendekati tikungan.
  • Carilah lubang dan saluran air atau bahaya lain yang dapat mempengaruhi saat Anda menikung. Terus menerus memeriksa LPOV, menyesuaikan kecepatan Anda jika diperlukan. Jika LPOV relatif statis untuk Anda maka Anda berada pada kecepatan yang benar untuk bernegosiasi tikungan. Pilihposisi perseneling yang tepat untuk melaju dengan mulus dan konsisten melalui sudut.
  • Gunakan teknik “Positive Steering” (lihat dibawah) untuk memiringkan posisi motor saat melewati tikungan dengan sudut yang melandai, bukan dengan memiringkan motor dengan tiba-tiba

  • Saat anda menikung, posisikan throttle gas anda dengan seimbang, untuk menjaga kestabilan kecepatan anda, bukan untuk berakselarasi, supaya roda anda mendapat grip yang maksimal
  • Bila Anda berada di tikungan, periksa LPOV. Jika mulai menjauh dari Anda, pertimbangkan mempercepat. Ketika Anda keluar tikungan, kembali menonton LPOV. Jika seperti bergerak menjauh dari Anda dan membuka jalan keluar, mulailah  mempercepat kecepatan anda jika kondisi aman.
  • Hampir semua kecelakaan di tikungan adalah akibat dari pengendara, bisa disebabkan karena tidak fokus, ceroboh atau gaya sruntulan. Faktor-faktor lain, seperti ban yang aus atau permukaan jalan yang licin, kadang-kadang memang menjadi penyebab, tetapi biasanya pengendara yang harus disalahkan karena observasi miskin, perencanaan yang buruk atau kecepatan yang terlalu tinggi.
  • Camber dari permukaan jalan (yang miring sengaja jalan untuk membantu drainase) dapat membantu Anda saat anda menikung ke kiri, tetapi bekerja melawan Anda saat anda menikung ke kanan. Selalu mengamati permukaan jalan Anda berada, mengadaptasi kecepatan dan posisi yang sesuai.

Positive Steering

Di atas kecepatan tertentu, pengendara harus memiliki masukan positif untuk membuat sepeda miring sesuai arah tikungan, ini adalah teknik Positive Steering (atau dikenal dengan isstilah counter steering) dan ini adalah teknik menikung dengan halus dan aman

Saat anda akan menikung ke kanan, Anda perlu mendorong lembut pada setang kanan (handle grip kanan). Ini menyebabkan motor miring ke kanan dan membantu anda untuk melewati tikungan. Di kecepatan tinggi dan tikungan yang memiliki sudut sempit, teknik positive steering sangat diperlukan. Di sebuah tikungan kanan Anda juga dapat menarik kembali pada stang kiri untuk membuat sepeda lebih mering dan lebih cepat.

Untuk tikungan ke kiri, teknik ini untuk mendorong maju di stang kiri dan menarik kembali pada setang kanan.

Posisi mengendarai Anda adalah faktor penting untuk mencapai kemudi akurat, proporsional dan progresif. Anda harus memiliki sebuah lekukan yang proposional dalam siku Anda dengan pegangan santai di setang dan bahu rileks. Sudut antara lengan dan kaki garpu harus sebagai dekat dengan 90 ° sebagai mungkin.

video counter steering

Iklan
19 Komentar leave one →
  1. 15/08/2011 12:03 AM

    Sip

    Suka

  2. 15/08/2011 12:19 AM

    sip lah.

    Suka

  3. 15/08/2011 9:04 AM

    ngeri kalo salah, mantatap kalo bener

    Suka

  4. 15/08/2011 11:57 AM

    gak mudeng aku mas,
    pokoke bejeg ae . . . . :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

  5. 15/08/2011 12:17 PM

    Countersteering enaknya dipake di motor batangan…
    dipake di motor bebek sensasinya kurang terasa..

    http://wendakalubis.wordpress.com/2011/08/15/terima-kasih-pada-para-blogger-kesan-setelah-4-bulan-jadi-komentator/

    Suka

    • 15/08/2011 2:34 PM

      benar juga sih, tapi counter steering buat bebek asik juga looh, apalagi pas hujan :mrgreen:

      Suka

      • warung DOHC permalink
        15/08/2011 11:57 PM

        nek iku jenege kepleset rekkk!

        dai kapan iki adu gasruk dengkul??? ❓ :mrgreen:

        Suka

      • 16/08/2011 9:34 AM

        wkwkwkwkwkkw
        insyaallah tanggal 17 sept ziz 😀

        Suka

  6. 19/08/2011 11:42 PM

    Tar d praktekin….hehehe

    Suka

  7. Nank Thinks permalink
    11/09/2013 3:28 PM

    ajibbb… 😀

    Suka

  8. 13/11/2013 4:17 AM

    thx Sangat Membantu Mas 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: