Lanjut ke konten

Riding Guide : Melewati Bundaran

13/08/2011

Bundaran Hotel Indonesia

Kemarin Situs MCN merilis teknik pengereman dengan benar. Kali ini Situs MCN merilis cara melewati persimpangan dengan aman, dan MCN bekerja sama dengan IAM (Institute of Advanced Motorists) merilis panduan melewati persimpangan dengan aman

Kebanyakan tabrakan antara sepeda motor dan kendaraan lain terjadi pada persimpangan seperti bundaran – sering jatuh ke dalam kategori akrab “maaf-teman-aku-tidak-tahu-kau”.

Tetapi terlepas dari siapa yang menyebabkan kecelakaan – pengendara motor atau driver – hampir selalu pengendara motor yang mendapatkan resiko/akibat yang terburuk. Panduan dari MCN dan IAM akan membantu Anda menghadapi bahaya saat melewati persimpangan / bundaran

  • Umumnya kondisi yang paling aman untuk melewati bundaran adalah saat tidak ada kendaraan lain, disaat kondisi bundaran kosong, kita bisa mengambil “straight line” melewati bundaran sehingga kita tidak perlu membelokkan motor dengan sudut yang tajam.
  • Saat bertemu dengan pengguna jalan lain, anda harus merencanakan/membayangkan posisi motor anda & kendaraan lain saat anda melewati bundaran. Patuhlah pada lajur anda dan pergunakan lampu sign untuk memberitahukan arah yang akan kita tuju. Masuklah ke bundaran dengan waspada
  • Buatlah perkiraan mengenai kecepatan dan arus kendaraan lain di dekat dan sekitar bundaran. Ini berguna supaya anda mendapatkan celah saat melewati bundaran sehingga anda tidak perlu bingung atau berhenti di bundaran

Simpang Lima Gumul, Kediri

  • Kalau lalu lintas sepi (sedikit kendaraan lain yang melewati bundaran) Anda hanya harus mengurangi kecepatan sedikit untuk memasuki bundaran dengan aman, tetapi selalu ingat bahwa pengemudi lain mungkin berpikir hal yang sama. Selalu waspada dan tidak pernah menganggap bahwa pengemudi lain akan melakukan hal yang tidak sama dengan anda
  • Posisi Anda dalam memasuki bundaran akan tergantung pada arah anda keluar. Sebagai aturan umum, berpikir tentang bergerak ke arah tengah jalan jika Anda ingin berbelok ke kanan. Pilih perseneling  yang tepat untuk kecepatan Anda, Anda harus sering memeriksa cermin dan mempercepat laju kendaraan anda dengan lembut saat memasuki bundaran.
  • Jika anda belok ke kanan, maka beri signal kalau anda mau kekanan dan ikuti jalur belok ke kanan, jika ditandai. Saat anda berada di bundaran, gunakan kaca spion untuk mengecheck kondisi lalu lintas dibelakang anda sebelum anda mengambil lajur kiri dan perhatikan area blind-spot untuk memastikan kalau anda memiliki ruang untuk berpindah jalur. Kemudian, jika itu jelas, hati-hati bergerak menyeberang ke pintu keluar.
  • Ekstra hati-hati diperlukan jika Anda harus melintasi jalur tanda putih. Usahakan motor Anda setegak mungkin dan berkendaralah dengan smoothly seperti yang Anda bisa. Garis-garis ini bisa licin dalam kondisi basah. Bundaran juga merupakan tempat utama untuk tumpahan diesel yang sering berada dalam spiral sekitar bundaran.
  • Bila anda akan bekok ke kiri, maka anda harus berada di lajur paling kiri, sampai anda keluar bundaran, bila ada 2 belokan ke kiri (seperti gambar) dan anda mau mengarah ke belokan kiri yang terakhir, maka saat memasuki bundaran, anda mengambil lajur tengah, setelah melewati belokan pertama, anda harus mengambil lajur kiri. Pergunakan kaca spion anda dengan baik, selalu waspada dengan blind-spot
  • Sebelum keluar dari bundaran, selalu waspada dengan blind-spot spion di sebelah kiri dan waspada dengan kendaraan lambat, seperti sepeda
  • Tidak peduli arah mana kita tuju, kiri, kanan atau lurus ke depan, ketika kita memasuki bundaran, kita akan beralih ke kiri. Jadi ingat untuk memeriksa setiap blind-spot kiri sebelum Anda ke kiri.

Posisi mengemudi disaat melewati bundaran

14 Komentar leave one →
  1. 13/08/2011 12:07 AM

    mantebb

    Suka

  2. 13/08/2011 12:08 AM

    jozz
    titip nggeh

    Strategi (cerdik ) baru BAI

    Suka

  3. 13/08/2011 12:50 AM

    Jos kang

    Suzuki memberi Lawan buat CBR150r

    Suka

  4. 13/08/2011 3:31 AM

    sippp… Sya sering pas masuk bundaran, eh malah terkunci, muter2 bbrapa kali bru bsa kluar…

    Suka

  5. 13/08/2011 5:21 AM

    nek wengi motong jalur ben cepet… Alay mode 😀

    Suka

  6. 14/08/2011 12:20 AM

    jangan balik posisi awal…
    muter” …

    Suka

Tinggalkan komentar