Biography Pembalap MotoGP -Nicky Hayden-
Nicky Hayden (bernama asli Nicholas Patrick Hayden; lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat, 30 Agustus 1981; umur 29 tahun) adalah seorang pembalap MotoGP berkewarganegaraan Amerika Serikat. hayden lahir dari keluarga pembalap (ayah & saudara-saudaranya adalah seorang pembalap) No start #69 dipilih karena itu adalah no start Ayahnya sewaktu masih menjadi pembalap. Ayahnya berkata kalau dia memilih angka 69 supaya masih bisa dibaca ketika motornya terbalik ditanah. 🙂
Beginnings and AMA Championship
Hayden memulai karier balapnya di usia 4 tahun, di lintasan tanah. Pada tahun pertama, Hayden selalu memulai balapan di grid paling belakang. Ini dikarenakan Hayden belum bisa menapak ke tanah, sehingga keluarga/team crewnya memegangi motor hayden dari belakang. Pada umur 17 tahun, Hayden sudah membalap di team pabrikan Honda menggunakan Honda RC45/ Di tahun 1999 Hayden berhasil menjadi juara nasional AMA Supersport walau bermodal CBR 600 team privateer Honda.
Pada tahun 2001, Hayden naik ke jenjang AMA Superbike. Di seri pertamanya, Hayden sukses mengoleksi 40 poin, hasil 2 kali juara runner-up di 2 race. Di tahun 2002, Hayden menunjukkan kematangannya dengan meraih juara nasional AMA Superbike, mengalahkan juara bertahan 3x berturut-turut, Mat Mladin. Di tahun ini pula Hayden menjadi pembalap wild card World Superbike di sirkuit Laguna Seca dan berhasil meraih posisi 4 di race pertama, di race kedua, hayden DNF karena bertabrakan dengan Noriyuki Haga
Grand National Championship
Hayden adalah satu dari beberapa pembalap dirt track yang sukses di ajang Road Race. Di tahun 1999 Hayden meraih juara seri pertama dan meraih rookie of the year. Di tahun 2002 di sirkuit Springfield TT. Keluarga Hayden berhasil menguasai podium teratas (Nicky 1st, Tommy 2nd, and Roger Lee 3rd)
MotoGP
First years
Setelah menjadi juara umum AMA Superbike, Hayden dikontrak Honda untuk bergaabung dengan team Repsol Honda, bersanding dengan sang juara dunia, Valentino Rossi. Di tahun pertama ini, Hayden menempati posisi kelima diklasemen akhir dan berhak meraih penghargaan rookie of the year. Di tahun 2004 Hayden terlihat tenggelam dengan hanya meraih posisi kedelapan di klasemen akhir, dan mendapat kritik karena hasil itu. Di tahun 2005 Hayden menjawab semua itu dengan meraih posisi ketiga diklasemen akhir, dibelakang Valentino Rossi dan Marco Melandri. Di tahun ini pula Hayden merasakan podium pertama di kelas tertinggi, MotoGP
2006
Di tahun ini Hayden menjadi ujung tombak pabrikan Honda, dan bersaing secara ketat dengan mantan teammate nya, Valentino Rossi. Di seri Estoril, Hayden sangat marah kepada teammatenya, Dani Pedrosa karena Pedrosa dengan sukses menabrak Hayden di tikungan dan membuat keduanya tidak dapat meneruskan perlombaan, masalah ini berbuntut panjang, karena gara-gara masalah ini, posisi Hayden di klasemen umum tergusur oleh Rossi dan hanya tersisa 1 seri lagi. Hal ini membuat hayden marah kepada Pedrosa. Kesalahan Pedrosa dibayar di seri akhir, dengan memberikan posisi kedua kepada Hayden, dan menjaga Hayden di belakangnya. Dengan bantuan Pedrosa dan kemalangan Rossi, Hayden meraih gelar juara dunia MotoGP 2006
Hasil ini membuat dirinya menjadi pembalap terakhir yang menjuarai MotoGP 990cc/ Di bulan September 2006, Hayden memperpanjang kontrak dengan team Repsol Honda untuk musim 2007 dan 2008.
2007
Di tahun 2007 MotoGP menggunakan regulasi mesin 800cc, dan Hayden adalah pembalap pertama kali yang berhak mendapat angka #1. Tetapi di tahun ini hayden tidak menunjukkan kapasitasnya sebagai sang Juara Dunia, Hayden hanya meraih klasemen akhir kedelapan. Akhirnya Hayden harus merelakan angka #1 direbut oleh Casey Stoner.
Di tahun ini Hayden dan saudara-saudaranya merilis buku autobiografinya The Haydens: Nicky, Tommy, & Roger, from OWB to MotoGP di sirkuit Laguna Seca
2008
Di seri Doningthon Park, Honda mencoba pneumatic valve di motor Hayden, di seri berikutnya di Assen, Hayden sudah pasti meraih podium ketiga, tetapi bayangan podium ketiga itu lenyap karena RC212V Hayden kehabisan bahan bakar di tikungan terakhir! Ini dikarenakan piranti elektrik yang bertugas mengukur takaran bahan bakar mengalami kerusakan, akhirnya Edward mengambil podium Hayden di depan matanya. Di tahun ini Hayden mulai tidak akur dengan team Repsol Honda, dan kekesalan Hayden dengan teamnya memuncak saat teammatenya, Pedrosa memilih mengganti ban dari Michelin ke Bridgestone, tanpa berkonsultasi ke Hayden, dan hayden mengungkapkan kekecewaannya denga berkata
“Saya belum pernah dimasukkan ke dalam kondisi untuk memilih Begitu mereka mengatakan bahwa saya akan hanya membuang-buang waktu saya telah saya bahkan hanya berpikir tentang meminta ban Bridgestone …. Saya tidak terkejut mereka telah memberi mereka kepadanya Selain itu, di Misano aku bahkan tidak memiliki garpu sama Dani … tidak akan saya pikir mereka akan membiarkan saya mencoba ban baru. “
Rumor pun merebak kalau Hayden akan hengkang dari Honda setelah musim 2008 berakhir, dugaan itu pun menjadi kenyataan saat tanggal 15 September 2008, Hayden menyatakan kalau dia pindah ke Team Ducati Malboro, dan menjadi teammate Casey Stoner di musim 2009. Dengan demikian Hayden mengakhiri hubungan sepuluh tahun dengan Honda.
2009
Di Ducati, Hayden merasa senang dengan suasana team, tetapi suasana itu tidak membuat ia menjadi hebat dilintasan, mulai dari test pra-musim, Hayden terlihat kesulitan beradaptasi dengan motor Ducati, beberapa kali Hayden DNF dan finish dibawah sepuluh besar. Hayden hanya pernah mendapatkan podium, dan itu hanyalah podium ketiga di sirkuit Indianopolis. Hasil buruk ini membuat Hayden terpuruk di posisi 13 di klasemen akhir, posisi terburuk hayden selama 7 tahun berkarir di MotoGP. Hasil buruk ini tidak membuat Hayden jera, ini terbukti pada tanggal 9 September 2009, hayden memperpanjang kontraknya di Ducati untuk musim 2010
2010
Di awal musim 2010 Hayden curhat, bahwa ada tekanan dari penonton Amerika untuk salah satu dari tiga pembalap Amerika (dirinya, Colin Edwards dan Ben Spies) untuk memenangkan juara dunia MotoGP 2010
Di tahun ini, Hayden mulai dapat beradaptasi dengan GP10, ini dibuktikan Hayden dengan meraih posisi ketujuh diklasemen akhir pembalap musim 2010. Meraih podium tiga di Sirkuit Aragon.
2011
Di tahun 2011, Hayden bersama dengan mantan teammatenya di Repsol Honda dan musuh bebuyutannya di musim 2006, Valentino Rossi, Hayden berharap kehadiran Rossi dapan meningkatkan performa dirinya dan Ducati GP11. Dan sepertinya kedatangan Rossi tidak begitu berpengaruh atas keberhasilannya. Ini terbukti hingga seri Laguna Seca, hayden masih berada di posisi ketujuh klasemen sementara MotoGP 2011.
Racing history
MotoGP
- Team(s): Repsol Honda, Ducati Marlboro
- Motorcycle(s): Honda RC211V, Honda RC212V, Ducati Desmosedici
- First MotoGP Race: April 6, 2003 – Suzuka – Seventh Place
- First MotoGP Podium: October 5, 2003 – Motegi – third Place
- First MotoGP Win: July 10, 2005 – Mazda Raceway Laguna Seca
- Number of MotoGP Wins: 3
- Number of MotoGP Podiums: 28
- Highest Championship Position: First (2006)
AMA Superbike
- Team(s): American Honda, HRC
- Motorcycle(s): Honda RC51, Honda RC45
- First Superbike Race: April 18, 1999 – Willow Springs International Raceway – Twelfth Place
- First Superbike Win: June 11, 2000 – Road America
- First Superbike Podium: September 19, 1999 – Pikes Peak International Raceway – Third Place
- Number of Superbike Wins: 17
- Number of Superbike Podiums: 30
- Highest Championship Position: First (2002)
AMA 600 Supersport
- Team(s): American Honda, Erion Honda, HyperCycle Suzuki
- Motorcycle(s): Honda CBR600F3, Honda CBR600F4, Suzuki GSX-R600
- First 600 Supersport Win: April 26, 1998 – Willow Springs International Raceway
- Number of 600 Supersport Wins: 6
- Highest Championship Position: First (1999)
AMA 750 Superstock
- Team(s): HyperCycle Suzuki
- Motorcycle(s): Suzuki GSX-R750
- First 750 Supersport Win: April 19, 1998 – Mazda Raceway Laguna Seca
- Number of 750 Supersport Wins: 5
- Highest Championship Position: Fourth (1998)
AMA Formula Extreme
- Team(s): Erion Honda
- Motorcycle(s): Honda CBR900RR
- First Formula Extreme Win: April 17, 1998 – Willow Springs International Raceway
- Number of Formula Extreme Wins: 7
- Highest Championship Position: Second (1999)
Career statistics
Superbike World Championship
By Seasons
Seas | Moto | Team | Race | Win | Pod | Best | Pole | FLap | Pts | Plcd | WCh |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2002 | Honda RC51 | American Honda | 2 | 0 | 0 | 4th | 0 | 0 | 16 | 26th | – |
Total | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 16 |
Races by year
Year | Make | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | Pos | Pts | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | R1 | R2 | ||||
2002 | Honda | ESP | ESP | AUS | AUS | RSA | RSA | JPN | JPN | ITA | ITA | GBR | GBR | GER | GER | SMR | SMR | USA 4 |
USA 13 |
GBR | GBR | GER | GER | NED | NED | ITA | ITA | 26th | 16 |
Grand Prix motorcycle racing
By Seasons
Seas | Class | Moto | Team | Race | Win | Pod | Best | Pole | FLap | Pts | Plcd | WCh |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2003 | MotoGP | Honda RC211V | Honda-HRC | 16 | 0 | 2 | 3rd | 0 | 0 | 130 | 5th | – |
2004 | MotoGP | Honda RC211V | Honda-HRC | 15 | 0 | 2 | 3rd | 0 | 0 | 117 | 8th | – |
2005 | MotoGP | Honda RC211V | Honda-HRC | 17 | 1 | 6 | 1st | 3 | 2 | 206 | 3rd | – |
2006 | MotoGP | Honda RC211V | Honda-HRC | 17 | 2 | 10 | 1st | 1 | 2 | 252 | 1st | 1 |
2007 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 18 | 0 | 3 | 3rd | 1 | 1 | 127 | 8th | – |
2008 | MotoGP | Honda RC212V | Honda-HRC | 16 | 0 | 2 | 2nd | 0 | 1 | 155 | 6th | – |
2009 | MotoGP | Ducati GP9 | Ducati Corse | 17 | 0 | 1 | 3rd | 0 | 0 | 104 | 13th | – |
2010 | MotoGP | Ducati GP10 | Ducati Corse | 18 | 0 | 1 | 3rd | 0 | 0 | 163 | 7th | – |
2011 | MotoGP | Ducati GP11 | Ducati Corse | 10 | 0 | 1 | 3rd | 0 | 1 | 94* | 7th* | – |
Total | 144 | 3 | 28 | 5 | 7 | 1348 | 1 |
- * Season in progress.
[edit] By class
Class | Seas | 1st GP | 1st Pod | 1st Win | Race | Win | Pod | Pole | FLap | Points | WCh |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
MotoGP | 2003–Present | 2003 Japan | 2003 Pacific | 2005 USA | 144 | 3 | 28 | 5 | 7 | 1348 | 1 |
Total | 2003–Present | 144 | 3 | 28 | 5 | 7 | 1348 | 1 |
Races by year
(Races in bold indicate pole position)
Year | Class | Bike | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | Pos | Pts |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2003 | MotoGP | Honda | JPN 7 |
RSA 7 |
SPA Ret |
FRA 12 |
ITA 12 |
CAT 9 |
NED 11 |
GBR 8 |
GER 5 |
CZE 6 |
POR 9 |
BRA 5 |
PAC 3 |
MAL 4 |
AUS 3 |
VAL Ret |
5th | 130 | ||
2004 | MotoGP | Honda | RSA 5 |
SPA 5 |
FRA 11 |
ITA Ret |
CAT Ret |
NED 5 |
BRA 3 |
GER 3 |
GBR 4 |
CZE Ret |
POR | JPN Ret |
QAT 5 |
MAL 4 |
AUS 6 |
VAL Ret |
8th | 117 | ||
2005 | MotoGP | Honda | SPA Ret |
POR 7 |
CHN 9 |
FRA 6 |
ITA 6 |
CAT 5 |
NED 4 |
USA 1 |
GBR Ret |
GER 3 |
CZE 5 |
JPN 7 |
MAL 4 |
QAT 3 |
AUS 2 |
TUR 3 |
VAL 2 |
3rd | 206 | |
2006 | MotoGP | Honda | SPA 3 |
QAT 2 |
TUR 3 |
CHN 2 |
FRA 5 |
ITA 3 |
CAT 2 |
NED 1 |
GBR 7 |
GER 3 |
USA 1 |
CZE 9 |
MAL 4 |
AUS 5 |
JPN 5 |
POR Ret |
VAL 3 |
1st | 252 | |
2007 | MotoGP | Honda | QAT 8 |
SPA 7 |
TUR 7 |
CHN 12 |
FRA Ret |
ITA 10 |
CAT 11 |
GBR 17 |
NED 3 |
GER 3 |
USA Ret |
CZE 3 |
RSM 13 |
POR 4 |
JPN 9 |
AUS Ret |
MAL 9 |
VAL 8 |
8th | 127 |
2008 | MotoGP | Honda | QAT 10 |
SPA 4 |
POR Ret |
CHN 6 |
FRA 8 |
ITA 13 |
CAT 8 |
GBR 7 |
NED 4 |
GER 13 |
USA 5 |
CZE | RSM DNS |
IND 2 |
JPN 5 |
AUS 3 |
MAL 4 |
VAL 5 |
6th | 155 |
2009 | MotoGP | Ducati | QAT 12 |
JPN Ret |
SPA 15 |
FRA 12 |
ITA 12 |
CAT 10 |
NED 8 |
USA 5 |
GER 8 |
GBR 15 |
CZE 6 |
IND 3 |
SMR Ret |
POR 8 |
AUS 15 |
MAL 5 |
VAL 5 |
13th | 104 | |
2010 | MotoGP | Ducati | QAT 4 |
SPA 4 |
FRA 4 |
ITA Ret |
GBR 4 |
NED 7 |
CAT 8 |
GER 7 |
USA 5 |
CZE 6 |
IND 6 |
SMR Ret |
ARA 3 |
JPN 12 |
MAL 6 |
AUS 4 |
POR 5 |
VAL Ret |
7th | 163 |
2011 | MotoGP | Ducati | QAT 9 |
SPA 3 |
POR 9 |
FRA 7 |
CAT 8 |
GBR 4 |
NED 5 |
ITA 10 |
GER 8 |
USA 7 |
CZE | IND | RSM | ARA | JPN | AUS | MAL | VAL | 7th* | 94* |
- * Season in progress.
- sumber : wikipedia
muanntebbb
Nitip ya om http://cafebiker.wordpress.com/2011/07/29/new-blade-kejupi2an-ato-jupi-yang-berdarah-darah/
SukaSuka
monggo masbro 🙂
SukaSuka
horas…
SukaSuka
saroh
SukaSuka
Barusan baca gak konsen, tak kirain lahirnya d wonosobo
SukaSuka
bruakakakakakakaka…..
SukaSuka
keren tuh kariernya, mantatatap
SukaSuka
hu’uh…..
kariernya panjang 😀
SukaSuka
nickyy kerennnnnn…
SukaSuka
nichyyy hayden ok banget
SukaSuka
Sayang saat ini sudah kurang bersinar lagi
SukaSuka