Skip to content

Biography Pembalap MotoGP -Nicky Hayden-

30/07/2011

Nicky Hayden (bernama asli Nicholas Patrick Hayden; lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat, 30 Agustus 1981; umur 29 tahun) adalah seorang pembalap MotoGP berkewarganegaraan Amerika Serikat. hayden lahir dari keluarga pembalap (ayah & saudara-saudaranya adalah seorang pembalap) No start #69 dipilih karena itu adalah no start Ayahnya sewaktu masih menjadi pembalap. Ayahnya berkata kalau dia memilih angka 69 supaya masih bisa dibaca ketika motornya terbalik ditanah. 🙂

Beginnings and AMA Championship

 

Hayden memulai karier balapnya di usia 4 tahun, di lintasan tanah. Pada tahun pertama, Hayden selalu memulai balapan di grid paling belakang. Ini dikarenakan Hayden belum bisa menapak ke tanah, sehingga keluarga/team crewnya memegangi motor hayden dari belakang. Pada umur 17 tahun, Hayden sudah membalap di team pabrikan Honda menggunakan Honda RC45/ Di tahun 1999 Hayden berhasil menjadi juara nasional AMA Supersport walau bermodal CBR 600 team privateer Honda.

Pada tahun 2001, Hayden naik ke jenjang AMA Superbike. Di seri pertamanya, Hayden sukses mengoleksi 40 poin, hasil 2 kali juara runner-up di 2 race. Di tahun 2002, Hayden menunjukkan kematangannya dengan meraih juara nasional AMA Superbike, mengalahkan juara bertahan 3x berturut-turut, Mat Mladin. Di tahun ini pula Hayden menjadi pembalap wild card World Superbike di sirkuit Laguna Seca dan berhasil meraih posisi 4 di race pertama, di race kedua, hayden DNF karena bertabrakan dengan Noriyuki Haga

Grand National Championship

 

Hayden adalah satu dari beberapa pembalap dirt track yang sukses di ajang Road Race. Di tahun 1999 Hayden meraih juara seri pertama dan meraih rookie of the year. Di tahun 2002 di sirkuit Springfield TT. Keluarga Hayden berhasil menguasai podium teratas (Nicky 1st, Tommy 2nd, and Roger Lee 3rd)

MotoGP

First years

 

Setelah menjadi juara umum AMA Superbike, Hayden dikontrak Honda untuk bergaabung dengan team Repsol Honda, bersanding dengan sang juara dunia, Valentino Rossi. Di tahun pertama ini, Hayden menempati posisi kelima diklasemen akhir dan berhak meraih penghargaan rookie of the year. Di tahun 2004 Hayden terlihat tenggelam dengan hanya meraih posisi kedelapan di klasemen akhir, dan mendapat kritik karena hasil itu. Di tahun 2005 Hayden menjawab semua itu dengan meraih posisi ketiga diklasemen akhir, dibelakang Valentino Rossi dan Marco Melandri. Di tahun ini pula Hayden merasakan podium pertama di kelas tertinggi, MotoGP

2006


Di tahun ini Hayden menjadi ujung tombak pabrikan Honda, dan bersaing secara ketat dengan mantan teammate nya, Valentino Rossi. Di seri Estoril, Hayden sangat marah kepada teammatenya, Dani Pedrosa karena Pedrosa dengan sukses menabrak Hayden di tikungan dan membuat keduanya tidak dapat meneruskan perlombaan, masalah ini berbuntut panjang, karena gara-gara masalah ini, posisi Hayden di klasemen umum tergusur oleh Rossi dan hanya tersisa 1 seri lagi. Hal ini membuat hayden marah kepada Pedrosa. Kesalahan Pedrosa dibayar di seri akhir, dengan memberikan posisi kedua kepada Hayden, dan menjaga Hayden di belakangnya. Dengan bantuan Pedrosa dan kemalangan Rossi, Hayden meraih gelar juara dunia MotoGP 2006

Hasil ini membuat dirinya menjadi pembalap terakhir yang menjuarai MotoGP 990cc/ Di bulan September 2006, Hayden memperpanjang kontrak dengan team Repsol Honda untuk musim 2007 dan 2008.

2007


Di tahun 2007 MotoGP menggunakan regulasi mesin 800cc, dan Hayden adalah pembalap pertama kali yang berhak mendapat angka #1. Tetapi di tahun ini hayden tidak menunjukkan kapasitasnya sebagai sang Juara Dunia, Hayden hanya meraih klasemen akhir kedelapan. Akhirnya Hayden harus merelakan angka #1 direbut oleh Casey Stoner.

Di tahun ini Hayden dan saudara-saudaranya merilis buku autobiografinya The Haydens: Nicky, Tommy, & Roger, from OWB to MotoGP di sirkuit Laguna Seca

2008

 

 

Di seri Doningthon Park, Honda mencoba pneumatic valve di motor Hayden, di seri berikutnya di Assen, Hayden sudah pasti meraih podium ketiga, tetapi bayangan podium ketiga itu lenyap karena RC212V Hayden kehabisan bahan bakar di tikungan terakhir!  Ini dikarenakan piranti elektrik yang bertugas mengukur takaran bahan bakar mengalami kerusakan, akhirnya Edward mengambil podium Hayden di depan matanya. Di tahun ini Hayden mulai tidak akur dengan team Repsol Honda, dan kekesalan Hayden dengan teamnya memuncak saat teammatenya, Pedrosa memilih mengganti ban dari Michelin ke Bridgestone, tanpa berkonsultasi ke Hayden, dan hayden mengungkapkan kekecewaannya denga berkata

“Saya belum pernah dimasukkan ke dalam kondisi untuk memilih Begitu mereka mengatakan bahwa saya akan hanya membuang-buang waktu saya telah saya bahkan hanya berpikir tentang meminta ban Bridgestone …. Saya tidak terkejut mereka telah memberi mereka kepadanya Selain itu, di Misano aku bahkan tidak memiliki garpu sama Dani … tidak akan saya pikir mereka akan membiarkan saya mencoba ban baru. “

Rumor pun merebak kalau Hayden akan hengkang dari Honda setelah musim 2008 berakhir, dugaan itu pun menjadi kenyataan saat tanggal 15 September 2008, Hayden menyatakan kalau dia pindah ke Team Ducati Malboro, dan menjadi teammate Casey Stoner di musim 2009. Dengan demikian Hayden mengakhiri hubungan sepuluh tahun dengan Honda.

2009

 

Di Ducati, Hayden merasa senang dengan suasana team, tetapi suasana itu tidak membuat ia menjadi hebat dilintasan, mulai dari test pra-musim, Hayden terlihat kesulitan beradaptasi dengan motor Ducati, beberapa kali Hayden DNF dan finish dibawah sepuluh besar. Hayden hanya pernah mendapatkan podium, dan itu hanyalah podium ketiga di sirkuit Indianopolis. Hasil buruk ini membuat Hayden terpuruk di posisi 13 di klasemen akhir, posisi terburuk hayden selama 7 tahun berkarir di MotoGP. Hasil buruk ini tidak membuat Hayden jera, ini terbukti pada tanggal 9 September 2009, hayden memperpanjang kontraknya di Ducati untuk musim 2010

2010

Di awal musim 2010 Hayden curhat, bahwa ada tekanan dari penonton Amerika untuk salah satu dari tiga pembalap Amerika (dirinya, Colin Edwards dan Ben Spies) untuk memenangkan juara dunia MotoGP 2010

Di tahun ini, Hayden mulai dapat beradaptasi dengan GP10, ini dibuktikan Hayden dengan meraih posisi ketujuh diklasemen akhir pembalap musim 2010. Meraih podium tiga di Sirkuit Aragon.

2011

 

Di tahun 2011, Hayden bersama dengan mantan teammatenya di Repsol Honda dan musuh bebuyutannya di musim 2006, Valentino Rossi, Hayden berharap kehadiran Rossi dapan meningkatkan performa dirinya dan Ducati GP11. Dan sepertinya kedatangan Rossi tidak begitu berpengaruh atas keberhasilannya. Ini terbukti hingga seri Laguna Seca, hayden masih berada di posisi ketujuh klasemen sementara MotoGP 2011.

Racing history

MotoGP

AMA Superbike

AMA 600 Supersport

AMA 750 Superstock

AMA Formula Extreme

 Career statistics

 Superbike World Championship

By Seasons

Seas Moto Team Race Win Pod Best Pole FLap Pts Plcd WCh
2002 Honda RC51 American Honda 2 0 0 4th 0 0 16 26th
Total 2 0 0 0 0 16

Races by year

Year Make 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Pos Pts
R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2 R1 R2
2002 Honda ESP ESP AUS AUS RSA RSA JPN JPN ITA ITA GBR GBR GER GER SMR SMR USA
4
USA
13
GBR GBR GER GER NED NED ITA ITA 26th 16

Grand Prix motorcycle racing

 By Seasons

Seas Class Moto Team Race Win Pod Best Pole FLap Pts Plcd WCh
2003 MotoGP Honda RC211V Honda-HRC 16 0 2 3rd 0 0 130 5th
2004 MotoGP Honda RC211V Honda-HRC 15 0 2 3rd 0 0 117 8th
2005 MotoGP Honda RC211V Honda-HRC 17 1 6 1st 3 2 206 3rd
2006 MotoGP Honda RC211V Honda-HRC 17 2 10 1st 1 2 252 1st 1
2007 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 18 0 3 3rd 1 1 127 8th
2008 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 16 0 2 2nd 0 1 155 6th
2009 MotoGP Ducati GP9 Ducati Corse 17 0 1 3rd 0 0 104 13th
2010 MotoGP Ducati GP10 Ducati Corse 18 0 1 3rd 0 0 163 7th
2011 MotoGP Ducati GP11 Ducati Corse 10 0 1 3rd 0 1 94* 7th*
Total 144 3 28 5 7 1348 1
  • * Season in progress.

[edit] By class

Class Seas 1st GP 1st Pod 1st Win Race Win Pod Pole FLap Points WCh
MotoGP 2003–Present 2003 Japan 2003 Pacific 2005 USA 144 3 28 5 7 1348 1
Total 2003–Present 144 3 28 5 7 1348 1

Races by year

(Races in bold indicate pole position)

Year Class Bike 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Pos Pts
2003 MotoGP Honda JPN
7
RSA
7
SPA
Ret
FRA
12
ITA
12
CAT
9
NED
11
GBR
8
GER
5
CZE
6
POR
9
BRA
5
PAC
3
MAL
4
AUS
3
VAL
Ret
5th 130
2004 MotoGP Honda RSA
5
SPA
5
FRA
11
ITA
Ret
CAT
Ret
NED
5
BRA
3
GER
3
GBR
4
CZE
Ret
POR JPN
Ret
QAT
5
MAL
4
AUS
6
VAL
Ret
8th 117
2005 MotoGP Honda SPA
Ret
POR
7
CHN
9
FRA
6
ITA
6
CAT
5
NED
4
USA
1
GBR
Ret
GER
3
CZE
5
JPN
7
MAL
4
QAT
3
AUS
2
TUR
3
VAL
2
3rd 206
2006 MotoGP Honda SPA
3
QAT
2
TUR
3
CHN
2
FRA
5
ITA
3
CAT
2
NED
1
GBR
7
GER
3
USA
1
CZE
9
MAL
4
AUS
5
JPN
5
POR
Ret
VAL
3
1st 252
2007 MotoGP Honda QAT
8
SPA
7
TUR
7
CHN
12
FRA
Ret
ITA
10
CAT
11
GBR
17
NED
3
GER
3
USA
Ret
CZE
3
RSM
13
POR
4
JPN
9
AUS
Ret
MAL
9
VAL
8
8th 127
2008 MotoGP Honda QAT
10
SPA
4
POR
Ret
CHN
6
FRA
8
ITA
13
CAT
8
GBR
7
NED
4
GER
13
USA
5
CZE RSM
DNS
IND
2
JPN
5
AUS
3
MAL
4
VAL
5
6th 155
2009 MotoGP Ducati QAT
12
JPN
Ret
SPA
15
FRA
12
ITA
12
CAT
10
NED
8
USA
5
GER
8
GBR
15
CZE
6
IND
3
SMR
Ret
POR
8
AUS
15
MAL
5
VAL
5
13th 104
2010 MotoGP Ducati QAT
4
SPA
4
FRA
4
ITA
Ret
GBR
4
NED
7
CAT
8
GER
7
USA
5
CZE
6
IND
6
SMR
Ret
ARA
3
JPN
12
MAL
6
AUS
4
POR
5
VAL
Ret
7th 163
2011 MotoGP Ducati QAT
9
SPA
3
POR
9
FRA
7
CAT
8
GBR
4
NED
5
ITA
10
GER
8
USA
7
CZE IND RSM ARA JPN AUS MAL VAL 7th* 94*
Iklan
11 Komentar leave one →
  1. 30/07/2011 1:10 AM

    horas…

    Suka

  2. hairus mataram permalink
    30/07/2011 1:45 AM

    Barusan baca gak konsen, tak kirain lahirnya d wonosobo :mrgreen:

    Suka

  3. 30/07/2011 9:39 AM

    keren tuh kariernya, mantatatap

    Suka

  4. liakarmini permalink
    04/01/2014 10:59 AM

    nickyy kerennnnnn…

    Suka

  5. 18/06/2014 11:02 AM

    nichyyy hayden ok banget

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: