Lanjut ke konten

Perbedaan Spesifikasi New Blade dan Blade Lawas

28/07/2011


Dilihat dari spesifikasi standart, Mesin Honda Blade lawas memiliki tenaga yang lebih tinggi (8,46 PS/ 7500 rpm vs 8,4 PS / 7.500 rpm), torsi yang lebih bagus (0.86 Kgfm / 5500 rpm vs 0,83 Kgf.m di 5.500 rpm) dan bobot yang lebih ringan (96,8 Kg vs 104 kg) daripada Honda New Blade. Sehingga PWR (Power Weight Ratio) Honda Blade Lawas lebih bagus daripada Honda New Blade.

Dari Dimensi pun New Blade berbeda dengan Blade lawas, mulai dari dimensi (1855 x 709 x 1071 mm vs 1.898 x 709 x 1.080 mm) jarak sumbu roda (1221mm vs 1.227 mm)  dan jarak terendah ketanah (147 mm vs 135 mm) sehingga dapat dipastikan Blade lawas lebih lincah daripada New Blade.

Dibalik kekurangan itu, Honda New Blade yang dibandrol 14 juta untuk livery standart dan 14,2 Juta untuk livery Repsol ini memiliki kelebihan daripada Honda Blade Lawas, seperti swing-arm yang kotak, rem cakram belakang, AHO, knalpot ciamik, busa jok yang tebal (tidak seperti Blade lawas yang tipis dan mengakibatkan sakit pinggang) :mrgreen: dan design velg yang lebih keren. Sayang bagi Juragan Bladeus, aura sporty design New Blade kalah dengan Blade lawas

Oh iya, 1 sisi lain tentang launching New Honda Blade, kita harus berbangga dengan AHM. Walaupun pusat R&D Honda masih di Thailand, tetapi Indonesia menjadi negara pertama yang melaunching New Blade. Ini membuktikan kalau pasar Indonesia adalah pasar yang penting bagi Honda (kapan R&D Honda pindah ke Indonesia yaa) :mrgreen:

Bagaimana menurut anggota klub/komunitas Honda Blade tentang kemunculan New Honda Blade? Juragan Bladeus sesang membuat polling tentang New Honda Blade.  Tunggu saja yeee… :mrgreen:

Spesifikasi Blade Lawas

Bladeus

Spesifikasi Standart

Panjang X lebar X tinggi : 1855 x 709 x 1071 mm

Jarak sumbu roda : 1221 mm

Jarak terendah ke tanah : 147 mm

Berat kosong : 96,8 kg

Tipe rangka : Tulang Punggung

Tipe suspensi depan : Teleskopik

Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun – Shock Breaker Ganda

Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P

Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P

Rem depan : Cakram Hidrolik Piston Tunggal

Rem belakang : Tromol

Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 Liter

Tipe mesin : 4 Langkah,SOHC

Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm

Volume langkah : 109,1 cc

Perbandingan kompresi : 9,0 : 1

Daya maksimum : 8,46 PS/ 7500 rpm

Torsi maksimum : 0.86 Kgfm / 5500 rpm

Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,8 liter

Kopling Otomatis : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah

Gigi transmsi : 4 kecepatan rotari

Pola pengoperan gigi : Rotari/ bertautan tetap

Starter : Electric starter & kick starter

Aki : MF Battery, 12V – 3,5 Ah

Busi : ND U20EPR9S, NGK CPR6EA-9S

Sistem pengapian : DC – CDI, Battery 

Spesifikasi Honda New Blade

Spesifikasi Standart

1. Mesin:

Tipe mesin: 4 langkahn SOHC, pendinginan dengan udara

DiameterXLangkah: 50×55,6 mm

Volume: 109,1 cc

Perbandingan kompresi: 9,0:1

Daya maksimum: 8,4 PS di 7.500 rpm

Torsi maksimum 0,83 Kgf.m di 5.500 rpm

Kopling: Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah

Starter: Pedal dan elektrik

Busi ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9

2. Dimensi dan Berat:

Kapasitas tangki: 3,7 liter

Kapasitas oli: 0,8 liter

Transmisi: 4 kecepatan rotari

Baterai/aki: MF 12V-3,0Ah

Sistem pengapianDC-CDI Baterai

Dimensi: 1.898 x 709 x 1.080 mm

Jarak sumbu roda: 1.227 mm

Jarak terendah ke tanah 135 mm

Berat kosong: 104 kg

3. Rangka dan kaki-kaki:

Tipe rangka: Tulang punggung

Tipe suspensi depan: Teleskopik

Tipe suspensi belakang: lengan ayun dengan shock ganda

Ukuran ban depan: 70/90-17 M/C 38P

Ukuran ban belakang: 80/90-17 M/C 44P

Rem depan: cakram hidrolik dengan piston tunggal

Rem belakang: cakram hidrolik dengan piston tunggal

88 Komentar leave one →
  1. hairus mataram permalink
    28/07/2011 6:10 PM

    blade anyar designE apik

    Suka

  2. 28/07/2011 6:50 PM

    wah kalo juragan blade yang ngomong . .. kita cuma bisa mangut2 dipojokan dah 😀

    Suka

  3. 28/07/2011 7:06 PM

    bebek silem, nduweke dewek yo dialem… 😀 *ndelik akh

    Suka

  4. 28/07/2011 7:15 PM

    Apik sing anyar to…

    Suka

  5. 28/07/2011 7:22 PM

    melu manggut :mrgreen:

    Suka

  6. tigerpiceks permalink
    28/07/2011 7:34 PM

    apek sek anyar ..suerr ewer.ewerr… :mrgreen:

    Suka

  7. 28/07/2011 7:36 PM

    Mesam mesem ah..

    Suka

  8. 28/07/2011 7:37 PM

    sing anyar apik!

    Suka

  9. 28/07/2011 7:38 PM

    aku kepengeeeeeennnnnnnnnnnnn……..

    😀

    Suka

  10. 28/07/2011 7:45 PM

    “aura sporty design New Blade kalah dengan Blade lawas”

    iya aja dah…lha wong punya nya itu 😛

    Suka

  11. Hiro permalink
    28/07/2011 8:32 PM

    body nya jiplak habis yamaha Jupiter Z…masih bagusan yang lam..sedikit kecewa sama body…

    Suka

    • Athu' permalink
      28/07/2011 9:08 PM

      ah.. masak sich… bukane New Jupi-Z bodinya njiplak Supra X 125 bro….. Klo nurut aku mah cakepan ini drpd NJZ….

      Suka

    • 28/07/2011 9:08 PM

      🙂

      Suka

  12. timmy gondo permalink
    28/07/2011 9:26 PM

    disinyalir krn orang2 kita lebih peduli soal desain, asal tampang racing tapi dalaman nya sepeda onthel pun siap gaya.
    salam2an roda bunDAR

    Suka

  13. 28/07/2011 10:00 PM

    manut ae lah

    Suka

  14. Goyip permalink
    28/07/2011 10:06 PM

    Sayapnya mirip CBR 1000cc

    Suka

  15. 29/07/2011 12:15 AM

    yah lumayan jauh mas serasa beda kelas getoooh…ganti yang baru ajah mas broo

    http://motoisme.wordpress.com

    Suka

  16. 29/07/2011 1:34 AM

    bagusan yang lama 😦

    knapa pula yg anyar jadi lebih loyo dan lebih berat? tp emg ada banyak perubahan yg bagus dari Blade lama, AHO, swing arm kotak (lah Shogunku udah pake dari tahun 2001 :mrgreen: ), dan ini, disc belakang. Tp harganya jg mahal nih…..

    belum spakbor depan yg dari semi sport jadi mbebek 😦

    Suka

    • 29/07/2011 11:02 AM

      tanyaken kenapa :mrgreen:

      Suka

      • 29/07/2011 3:51 PM

        hahaha :mrgreen:

        tapi knalpotnya sih boleh juga, coba garis desain yg lama dipertahankan, tapi fitur kayak yg baru, dan gak ada penurunan tenaga, mantep dah 🙂

        Suka

  17. 29/07/2011 10:40 AM

    Dari segi tampilan,Bagusan yg baru ah.
    Yang lama pake downfender udah oke, cm kurang besar bodynya, jd bagian dpan terlihat cungkring.
    Juga kurang panjang ekornya/kurang lancip.
    Jadi seperti buntung kyk zr.
    Lihat old blade dari samping ,asli wagu.
    New blade baru woke tampilannya bs kompak.

    Tp sepertinya yg blade lama lbh mudah dikendalikan buat selap selip.
    Juga nyaman buat nikung
    Lihat new blade sepertinya terlalu panjang firingnya..
    Lihat saja dah 2bln kedpn, gmn opini usernya

    Ayo ben Gek ndang ganti wkwkwkwk

    Suka

  18. yahonsuwakanja permalink
    29/07/2011 11:01 AM

    ini pakai nunduk2…puol’e cuma 90kpj
    yg penting gaya..

    Suka

  19. 29/07/2011 12:41 PM

    TORSINE MUDUN

    Suka

  20. 29/07/2011 5:42 PM

    disinyalir yang punya warung mencoba menghibur si tunggangan :mrgreen:

    Suka

  21. Arif Vixion permalink
    30/07/2011 5:55 AM

    iya karena indonesia itukan CIBEBEK… 😛 mkanya launching bebek gorengnya di sini…

    Suka

  22. 03/08/2011 3:16 PM

    ihiks…apik sing anyar dab…urung keplindes truk soalnya…..hehehehehe

    Suka

  23. jayuss permalink
    04/08/2011 2:37 PM

    YAMAHA SEMAKIN DIDEPAN
    HONDA FINISH DULUAN,,,,,

    Suka

  24. Prihandika permalink
    03/09/2011 8:00 PM

    Coba New Honda Bladenya pke kopling….,,
    pasti kren banget tuh,,, 8-|

    Suka

    • ijo lumut permalink
      28/03/2012 11:39 AM

      kabeh motor yo nganggo kopling nuh mas,. kalo ga pake kopling ya ga bisa jalan, maksutnya kopling manual geto,.kopling tangan geto,.. he.he.he., pisss.

      Suka

  25. 09/10/2011 2:18 PM

    Blade lama lebih cepat. Blade baru lebih nikmat. lho pilih mana?

    Suka

  26. 17/11/2011 5:04 PM

    Ane bru nebus ni motor,, yg Accelera Green..!
    mantap gan, akselerasi ma pengereman oke,, penampilan ny jga siip..
    cm da stu yg ga enak ny,, setiap lg jalan, d lampu merah, ampe klo lgi parkir, orang2 pda curi2 pandang ma mtor ane,, yaaa gw jd ga enk lah, jd gmn gtu,, kwkwkwkw..

    Suka

  27. bladung permalink
    28/11/2011 4:41 PM

    new blade spakbor depannya diganti punya blade lawas cocok ga ya? maksudnya supaya lbh sporty geto…..

    Suka

  28. zedu boy permalink
    08/12/2011 5:36 PM

    dari pada pusing beli dua_duany,,,,,,,,,,,,,,,it baru ok!

    Suka

  29. Yooga permalink
    11/12/2011 11:45 PM

    Waduuh mas,,
    rencanaku mau ambil new blade.
    tapi aku kok jadi ragu, baca postingan2 diatas mas.
    buat sesepuh blade, kasih saran yoo,,
    makasih yoo mas!!
    🙂

    Suka

    • thunderizzt permalink
      28/03/2012 11:45 AM

      iikuti kata hatimu, kalo beli mtr buat dpk sndr, (dalam arti tidak mempermasalahkan harga jual), beli yg brkwalitas yg BU, koyoto, thun***. djmin mas ga nyesel (ya smua motor tergantung yg pake, kalo digeber dan ga dirawat yooo ndang rusak.)

      Suka

  30. cahya permalink
    06/01/2012 3:18 PM

    D best peformance honda blade lawas

    Suka

  31. fuadz permalink
    11/02/2012 2:06 PM

    yang lawas lebih gagah…, kelihatan ramping nan kokoh…, lebih cepat juga…

    Suka

  32. WONKSUZUKI permalink
    04/03/2012 1:10 PM

    blade lawas T.O.P

    Suka

  33. Aditya permalink
    17/03/2012 4:43 PM

    Ane yg dh ngrasain pke New Blade.
    Jujur Bodynya kurang rapet.
    Liat aja Lampu belakangnya, kayak ga presisi nempelnya. Kayak gak pas masangnya.

    Suka

    • 04/07/2012 1:38 PM

      tapi design lampu belakang new blade lebih bagus daripada old blade om
      CMIIW

      Suka

  34. 28/03/2012 12:36 AM

    bro numpang tnya dunk… sparkbor depan blade yang lama bisa diganti sparkbor depan blade yang baru ga?
    thnks ya bro

    Suka

  35. Jumboharry permalink
    24/04/2012 3:06 PM

    Honda blade ok punya tuh buat cowo and cewe ..
    g£aya rabis deh ..

    Suka

  36. Jumboharry permalink
    24/04/2012 3:23 PM

    Kata bokin ogut honda blade kaya kuda zebra di bonceng nya mantap empuk dan lincah apalagi kl lg pas kepepet waktu enak betul buat selap-selip nya ky kuda zebra lincah dan bergaya

    Suka

  37. 28/04/2012 5:56 PM

    harapan sy sih indonesia harus bs bikin dan pny motor sendiri dan merdeka dr jajahan produk luar negeri tujuannya agar anak bangsa pada canggih masak kalah dng india yg sdh pny motor sendiri.tdk hny itu sj tp dng bisa buat mesin sendiri dalam negeri tentu rakyat menjadi bangga dan lebih bahagia lg dpt pny motor yg murah gak sperti beli produk org yg harganya selangit iya kan bro?

    Suka

  38. cecep permalink
    13/05/2012 9:14 PM

    ane pengen ganti tromol blade lama ane ama ckram blade yang baru
    kira kira masuk ga ya arm blakang.a
    sama gak ya gitu
    coz rencana ane mau beli arm blakang. velg. ama cakram blade yg baru wat ane pasangin d blade lawas ane

    kira kira bisa gak ya
    sama gak ya

    ada yg bisa jawab ga

    Suka

  39. 15/05/2012 6:58 PM

    Moga2han cpt lunas honda repsol gw

    Suka

  40. 16/05/2012 2:21 PM

    mas bro, mau tanya ni.. ada temen saya beli honda new blade, d isi full tank cma kpke 2 hari.. honda new blade emang boros bensin??

    Suka

  41. 09/09/2012 8:58 PM

    setuju gan

    Suka

  42. 14/10/2012 9:08 PM

    aku kan punya honda new blade jadi aku bilang:I AM ONE HEART HONDA NEW BLADE 11OR TAKE THE RIDE TO THE FUTURE

    Suka

  43. henry permalink
    26/02/2013 6:06 AM

    ane punya dua2nya new blade n blade… suer tunggangan n power enak blade… new blade lebih boros bahan bakar (tenaga kecil dipaksa beban berat) tikungan rebah new blade limbung terasa motor mau jatuh tapi trek lurus memang lebih stabil

    Suka

    • 26/02/2013 10:14 AM

      hhmmm……
      emang lebih lincah old blade siihh….
      karena posisi stang lebih pendek daripada new blade
      CMIIW 🙂

      Suka

  44. Fathan (pecinta blade lawas) permalink
    12/07/2013 8:15 PM

    ternyata blade lawas punyaku lebih hebat dari segi spesifikasi dari pada blade baru
    pas kucoba blade baru temenku memang perbedaannya terasa banget
    blade lama lebih kenceng tarikannya dibanding yang baru
    waktu beli aja kaget kenceng banget tarikannya dibanding motor dgn 110cc yg lain

    Suka

  45. Fathan (pecinta blade lawas) permalink
    12/07/2013 8:31 PM

    nama fbnya bladeus blog ya, udh ane like

    Suka

  46. 14/07/2013 12:36 AM

    Keren banget nih honda new blade…

    Suka

  47. om jack permalink
    17/09/2013 10:32 PM

    cuy mo nanya sistem pengkabutan blade baru ama lawas beda gak gan katanya yang baru pake PGM-FI bener gak gan ?

    Suka

  48. 10/12/2013 2:58 PM

    saya punya dua duanya, blade lawas jauh lebih tangguh, blade baru menang body doang, terus lampu belakang blade baru gampang copot..,

    Suka

Trackbacks

  1. Polling Honda New Blade « Purnomo's Personal Blog
  2. Hasil Test Ride New Blade oleh Otomotifnet dan Detikoto « Purnomo's Personal Blog
  3. New Honda Blade 110R: Keren, Sporty, Elegan, Fresh !!… Tapiii……………….. « Mercon Motor™
  4. Kenapa New Blade Dibanderol sama dengan Blade lama? « KeongRacing >>

Tinggalkan komentar