Skip to content

BMW K1600GT and GTL 6 cylinder

16/10/2010

Ini adalah sepeda motor massla ke-3 di dunia yang menggunakan mesin 6 silinder-inline setelah Kawasaki KZ1300 meluncur pada akhir 1980-an dan setelah sang legendaris Honda CBX  berhenti produksi pada 1982


 

Sepeda motor turing ini mengusung mesin 6 silinder berkonfigurasi sejajar dengan keluaran daya sebesar 160 bhp pada 7.750 rpm dengan kekuatan puntir 175 Nm pada 5.250 rpm. Berkat silindernya yang berjumlah 6 unit, 70% dari torsi maksimumnya, sudah diraih pada 1.500 rpm sehingg sangat nikmat untuk diajak turing jarak jauh.

Dengan mesinnya yang memiliki bobot 102,6 kg, menjadikannya sebagai mesin 6 silinder sejajar paling kompak dan paling ringan di kelas mesin sepeda motor berkapasitas di atas 1.000 cc.

Ukurannya yang kompak, disumbang oleh penggunaan diameter silinder 72 mm yang memiliki jarak antar silinder hanya 5 mm sehingga blok mesin 6 silinder ini memiliki lebar hanya 555 mm.

Seperti pada mesin 4 silinder sejajar milik K 1300 Series, sumbu silindernya memiliki kemiringan 55 derajat untuk mendapatkan pusat gravitasi yang lebih rendah dan keseimbangan distribusi bobot, sekaligus mendapatkan pendinginan intake yang lebih baik di atas mesin.

Dengan mesin yang ringan, total bobot BMW K 1600 GT mencapai 319 kg, sementara GTL mencapai 348 kg. Masih cukup berat memang, tetapi kita bicara motor turing dan bobot segitu merupakan yang paling ringan di kelasnya.

Sepeda motor ini juga mengadopsi teknologi paling gress dari BMW. yaitu :

Adaptive light control

Adaptive light control adalah teknologi  yang menggerakkan lampu depan seirama dengan stir

ride-by-wire system  throttle

penghubung antara grip gas & throttle tidak lagi memakai kabel/sling kawat, melainkan menggunakan sensor elektronik

3-Mapping Engine

Mesin ini juga memiliki tiga pilihan mode: Rain, Road dan Dynamic yang dikonbinasikan dengan fitur Dynamic Traction Control yang dapat disuaikan dengan kondisi perjalanan.

Electronic Suspension Adjustment II (ESA II)

memungkinkan pengendara melakukan penyetelan kekerasan rebound-damping pada pegas depan maupun belakang, serta penyetelan preload pada pegas bagian belakang.

Pelindung terpaan angin transparan pada K 1600 juga dilengkapi penangaturan secara elektris dengan fungsi memori, sementara bagian ‘dasbornya’, sanggup mengakomodir gadget seperti MP3/USB dan iPad.

Layar LCD berwarna berukuran 5,7 inci merupakan bagian dari panel instrumen yang dapat beradaptasi secara otomatis dengan cahaya lingkungan di sekitar, dan untuk mengakses seluruh sistem tersebut, BMW menyediakan tombol multi controller di bagian setang kemudi sehingga pengendara tak perlu mengalihkan pandangan dari jalanan di depannya.

Siapakah orang pertama di Indonesia yang akan membeli motor ini :mrgreen:

met membaca….

Iklan
9 Komentar leave one →
  1. ayik permalink
    16/10/2010 5:36 PM

    baca nya entar aja dah…………….

    pertamax…………….

    Suka

  2. ayik permalink
    16/10/2010 5:40 PM

    berapa harganya?????

    tapi……………..setelah di pikir-pikir gak jadi beli ah, ga muat masuk gang rumah 😀

    Suka

  3. ayik permalink
    16/10/2010 5:41 PM

    karena udah promosi…penuhin ajadah podium nya ama ayik seorang

    wkwkwkwkwkwkwkwk…..

    Suka

  4. ayik permalink
    16/10/2010 5:41 PM

    karena udah promosi….penuhin aj dah podium nya ama ayik seorang

    Suka

  5. 16/10/2010 5:48 PM

    ck ck ck
    diborong semua :mrgreen:

    Suka

  6. ayik permalink
    16/10/2010 6:26 PM

    yo ben….gragas kok 😛

    Suka

  7. 18/10/2010 11:29 AM

    ttp ane ngk tertarik ama modelnya..masih kerenan GS ah :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: