Skip to content

Biography Pembalap MotoGP -Dani Pedrosa-

22/07/2011

Daniel “Dani” Pedrosa Ramal lahir pada tanggal 29 September 1985 din Sabadell, Catalonia, Spanyol. Pedrosa dibesarkan di desa Castellar Valles del dekat Sabadell  . Dia adalah juara dunia termuda di kelas GP 250cc. Tinggi Pedrosa adalah 1.58m dan berat 51 kg. Pedrosa adalah pembalap MotoGP yang paling sering jatuh & cidera, dan satu-satunya “alien” yang belum pernah meraih gelar juara dunia MotoGP

Awal Balap


Pedrosa sudah bisa mengendarai motor pada umur 4 tahun, motor pertamanya ajalah Italjet 50, yang memiliki roda tambahan di samping kiri-kanannya. Pedrosa mengenal dunia balap pada umur 6 tahun, dia menggunakan minibike Kawasaki melawan teman-temannya. Bapalan resmi pertama Pedrosa dimulai saat ia berumur 9 tahun, Pedrosa terjun ke kejuaraan Nasional Minibike Spanyol, di musim pertamanya, Pedrosa berhasil meraih posisi 2 nasional. Di musim berikutnya Pedrosa masih membalap dikejuaraan yang sama, tapi karena masalah kesehatan, ia hanya meraih posisi ke-3 klasemen akhir

125cc

debut pertama Pedrosa di World Grand Prix dimulai di kelas 125cc di tahun 2001, setelah ia memenangi Movistar Activa Cup. Dibawah bimbingan Alberto Puig, Pedrosa berhasil meraih dua kali podium di 2001, di tahun 2002 Pedrosa berhasil meraih podium pertama, dan menempati posisi 3 dunia di kelas 125cc, di tahun berikutnya Pedrosa berhasil mengunci gelar Juara Dunia GP 125cc sebelum musim balap usai, dengan 5 kali kemenangan, sayangnya saat menjalani latihan bebas GP 125cc, Pedrosa terjatuh dan harus absen sampai seri berakhir, untungnya Pedrosa telah mengunci gelar juara dunia 125cc.

GP 250

Setelah berhasil menjuarai GP 125cc, Pedrosa pindah ke jenjang yang lebih tinggi, kelas 250cc. Pedrosa menjalani musim 2004 tanpa melakukan test pra-musim dikarenakan cidera yang dia alami di tahun 2003, tetapi itu tidak menghalangi Pedrosa untuk meraih juara di seri perdana, dan di tahun pertama kelas 250cc, Pedrosa berhasil menggondol Juara Dunia GP 250cc. Tahun 2005 Pedrosa kembali meraih titel juara dunia GP 250cc, dan mengunci gelar Juara Dunia sebelum musim balap selesai, tetapi kejadian di tahun 2003 terulang, Pedrosa harus absen selama 2 seri akibat mengalami cidera di 2 seri tersisa

MotoGP

Karier Pedrosa di kelas para raja dimulai pada tahun 2006, membalap di team Repsol Honda. Banyak kritikus MotoGP merasa ragu dengan kemampuan Pedrosa di kelas tertinggi ini, karena mereka menganggap, tubuh kecil Pedrosa tidak akan bisa menghandle motor MotoGP yang memiliki power yang sangat besar. Prediksi para pengamat berhasil ditepis oleh Pedrosa dengan berhasil meraih posium dua di seri Perdana MotoGP di sirkuit Jerez. Di seri kelima, Shanghai Circuit, Pedrosa berhasil meraih posisi no.1 untuk pertama kalinya. Kemenangan ini membuatnya menjadi pemenang seri termuda kedua (umur sama dengan alm. Norick Abe) di Kelas Premier dibawah Freddie Spencer. Ia memenangkan balapan MotoGP keduanya di Donington Park dan menjadi kandidat kuat untuk meraih juara dunia MotoGP. Ini adalah kemenangan mengesankan bagi Dani, yang berhasil mengalahkan Valentino Rossi di tempat kedua.

Sebelum seri Malaysia, pedrosa berada di posisi kedua klasemen, dibelakang team-mate Nicky Hayden, tapi karena Pedrosa lagi-lagi mengalami kecelakaan dan cidera, sehingga dia dengan susah payah berada di posisi start kelima. Tetapi di saat race, Pedrosa membuat penonton tercengang, karena dengan kondisi cidera, Pedrosa berhasil meraih posium ketiga, dibelakang Rossi & Capirossi.

Di seri Estoril, Pedrosa membuat drama yang menjadi buah bibir para penonton, Pedrosa dengan sukses menabrak Hayden di tikungan dan membuat keduanya tidak dapat meneruskan perlombaan, masalah ini berbuntut panjang, karena gara-gara masalah ini, posisi Hayden di klasemen umum tergusur oleh Rossi dan hanya tersisa 1 seri lagi. Hal ini membuat hayden marah kepada Pedrosa. Kesalahan Pedrosa dibayar di seri akhir, dengan memberikan posisi ketiga kepada Hayden, dan menjaga Hayden di belakangnya. Dengan bantuan Pedrosa dan kemalangan Rossi, Hayden meraih gelar juara dunia MotoGP 2006, sedangkan Pedrosa meraih posisi kelima di klasemen akhir dan meraih Rookie of the year 2006

Musim 2007 Pedrosa tatap bernaung di Honda, dengan RC212V. Di musim ini Pedrosa didera masalah mesin, walaupun itu, Pedrosa berhasil meraih posisi dua di klasemen akhir dibelakang Stoner. Di tahun ini Pedrosa sign kontrak untuk musim 2008-2009.

Musim 2008 Pedrosa masih didera dengan masalah RC212V, hal itu diperparah dengan absennya Pedrosa di pra-musim karena cidera yang dialaminya, tetapi Pedrosa berhasil meraih podium di seri pertama. Saat Pedrosa memimpin perlombaan di seri Jerman, Pedrosa terjatuh dan cidera lagi, dan terpaksa absen selama 2 seri. Karena performa ban Michelin yang mengecewakan, Pedrosa memutuskan pindah ke ban Brigestone di seri Indianapolis. Sampai musim 2008 usai, Pedrosa bercokol di klasemen ketiga.

Lagi-lagi Pedrosa terjatuh di pra-musim 2009, dan mencederai dirinya sendiri. Di seri pertama musim 2009, pedrosa hanya bisa finish di posisi kesebelas. Di seri kelima Pedrosa jatuh 2x, saat latihan bebas dan saat balapan. Di musim ini Pedrosa berhasil meraih Runner-Up dunia, 33 poin dibelakang valentino Rossi.

Di tahun 2010, Pedrosa kembali memakai no start 26, untuk memenuhi permintaan para penggemarnya. Di musim ini Pedrosa ersaing ketat dengan Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia, sayang, karena cidera yang dialami Pedrosa di seri Motegi, Pedrosa harus merelakan gelar juara dunia, dan berada di posisi runner-up

Cidera Yang Dialami Pedrosa selama karier di World Grand Prix

  • 2003 Australian motorcycle Grand Prix (125cc) Double fracture in the talus bone of the left foot and a fracture of the right ankle.
  • 2005 Japanese motorcycle Grand Prix (250cc) Fracture of the left humeral head that affected the supraspinal tendon.
  • 2006 Malaysian motorcycle Grand Prix (MotoGP) Small fracture of the small left toe and loss of cutaneous matter on the right knee. 5 stitches in that vertical cut.
  • 2007 Turkish motorcycle Grand Prix (MotoGP) Thoracic trauma, blow to the left gluteus and neck trauma.
  • 2007 Japanese motorcycle Grand Prix (MotoGP) Post-traumatic arthritis with inflammation to the small toe of the left foot.
  • 2008 Sepang test 2008 (MotoGP) Fracture of the second metacarpal in the right hand, with three diaphyseal fragments, which are the bones that are found in the middle part of the metacarpus.
  • 2008 German motorcycle Grand Prix (MotoGP) General inflammation of the left hand with hematomas in the veins of the extensor tendons. Displaced fracture of the distal phalanx of the left index finger. A sprain of the interphalangeal articulation next to the left middle finger. Fracture of the large bone of the left wrist. Sprain of the lateral external ligament of the right ankle.
  • 2008 Australian motorcycle Grand Prix (MotoGP) Capsular hematoma on the left knee that had to be treated two months after.
  • 2009 Qatar test (MotoGP) Fracture of the radius of the left arm and contusion on the left knee that required a skin graft, because the scar re-opened from an operation before Christmas.
  • 2009 Italian motorcycle Grand Prix (MotoGP) Incomplete fracture of the greater trochanter of the right femur. A fracture without displacement, an injury that requires absolute rest and treatment with painkillers.
  • 2009 December (MotoGP) Underwent an operation to remove a screw from his left wrist.
  • 2010 Japanese motorcycle Grand Prix (MotoGP) Four-fragment chip fracture of the left collarbone and a Grade 1 ankle sprain.[12]
  • 2011 French motorcycle Grand Prix (MotoGP) Fractured right collarbone.

Career statistics

 By Seasons

Seas Class Moto Team Race Win Pod Pole FLap Pts Plcd WCh
2001 125cc Honda RS125 Telefonica Movistar Honda 16 0 2 0 0 100 8th
2002 125cc Honda RS125 Telefonica Movistar Honda 16 3 9 6 2 243 3rd
2003 125cc Honda RS125 Telefonica Movistar Honda Team 14 5 6 3 3 223 1st 1
2004 250cc Honda RS250RW Telefonica Movistar Honda Team 16 7 13 4 8 317 1st 1
2005 250cc Honda RS250RW Repsol Movistar Honda Team 16 8 11 5 7 309 1st 1
2006 MotoGP Honda RC211V Honda-HRC 17 2 8 4 4 215 5th
2007 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 18 2 8 5 3 242 2nd
2008 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 17 2 11 2 2 249 3rd
2009 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 17 2 11 2 5 234 3rd
2010 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 15 4 9 4 8 245 2nd
2011 MotoGP Honda RC212V Honda-HRC 6 2 4 0 3 94* 5th*
Total 168 37 92 35 45 2471 3
  • * Season in progress.

By class

Class Seas 1st GP 1st Pod 1st Win Race Win Podiums Pole FLap Pts WChmp
125 cc 2001–2003 2001 Japan 2001 Valencia 2002 Dutch 46 8 17 9 5 566 1
250 cc 2004–2005 2004 S. Africa 2004 S. Africa 2004 S. Africa 32 15 24 9 15 626 2
MotoGP 2006–Present 2006 Spain 2006 Spain 2006 China 90 14 51 17 25 1279 0
Total 2001–Present 168 37 92 35 45 2471

 Races by year

(Races in bold indicate pole position)

Year Class Bike 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Pos Pts
2001 125 cc Honda JPN
18
RSA
13
SPA
10
FRA
17
ITA
23
CAT
7
NED
Ret
GBR
12
GER
11
CZE
8
POR
5
VAL
3
PAC
3
AUS
7
MAL
4
BRA
Ret
8th 100
2002 125 cc Honda JPN
8
RSA
3
SPA
4
FRA
3
ITA
4
CAT
2
NED
1
GBR
2
GER
7
CZE
2
POR
10
BRA
Ret
PAC
1
MAL
3
AUS
5
VAL
1
3rd 243
2003 125 cc Honda JPN
8
RSA
1
SPA
4
FRA
1
ITA
2
CAT
1
NED
8
GBR
Ret
GER
4
CZE
1
POR
4
BRA
4
PAC
6
MAL
1
AUS VAL 1st 223
2004 250 cc Honda RSA
1
SPA
Ret
FRA
1
ITA
2
CAT
2
NED
2
BRA
2
GER
1
GBR
1
CZE
3
POR
4
JPN
1
QAT
2
MAL
1
AUS
4
VAL
1
1st 317
2005 250 cc Honda SPA
1
POR
4
CHN
6
FRA
1
ITA
1
CAT
1
NED
2
GBR
4
GER
1
CZE
1
JPN
2
MAL
Ret
QAT
4
AUS
1
TUR
2
VAL
1
1st 309
2006 MotoGP Honda SPA
2
QAT
6
TUR
14
CHN
1
FRA
3
ITA
4
CAT
Ret
NED
3
GBR
1
GER
4
USA
2
CZE
3
MAL
3
AUS
15
JPN
7
POR
Ret
VAL
4
5th 215
2007 MotoGP Honda QAT
3
SPA
2
TUR
Ret
CHN
4
FRA
4
ITA
2
CAT
3
GBR
8
NED
4
GER
1
USA
5
CZE
4
SMR
Ret
POR
2
JPN
Ret
AUS
4
MAL
3
VAL
1
2nd 242
2008 MotoGP Honda QAT
3
SPA
1
POR
2
CHN
2
FRA
4
ITA
3
CAT
1
GBR
3
NED
2
GER
Ret
USA CZE
15
SMR
4
IND
8
JPN
3
AUS
Ret
MAL
2
VAL
2
3rd 249
2009 MotoGP Honda QAT
11
JPN
3
SPA
2
FRA
3
ITA
Ret
CAT
6
NED
Ret
USA
1
GER
3
GBR
9
CZE
2
IND
10
SMR
3
POR
3
AUS
3
MAL
2
VAL
1
3rd 234
2010 MotoGP Honda QAT
7
SPA
2
FRA
5
ITA
1
GBR
8
NED
2
CAT
2
GER
1
USA
Ret
CZE
2
IND
1
SMR
1
ARA
2
JPN
DNS
MAL AUS
DNS
POR
8
VAL
7
2nd 245
2011 MotoGP Honda QAT
3
SPA
2
POR
1
FRA
Ret
CAT GBR NED ITA
8
GER
1
USA CZE IND RSM ARA JPN AUS MAL VAL 5th* 94*
  • * Season in progress.

sumber : wikipedia

About these ads
22 Komentar leave one →
  1. 22/07/2011 12:33 AM

    manteb

  2. Aldina permalink
    22/07/2011 10:44 AM

    cilik tapi guede …

  3. 22/07/2011 11:04 AM

    KEREN, banyak jatuh jg..

  4. 22/07/2011 11:11 AM

    mantap, pembalap inspirasiku,,, size doesn’t matter,,,
    biar badan mini tapi semangat dan tenaga maxi :D

  5. 22/07/2011 6:45 PM

    wakeh pene kuwi… Iso go maku omah :D

  6. nobu permalink
    22/07/2011 6:56 PM

    kecil” cabe rawit

  7. lhynha permalink
    04/08/2011 3:57 PM

    ttep handsome

  8. erby permalink
    06/09/2011 11:44 AM

    pedrosa emang luar biasa boozz

  9. 25/10/2011 11:27 PM

    love dani so much… maju truz dani… :)

  10. kiki permalink
    31/10/2011 1:20 PM

    BEST FOR YOU,,,,,,..

  11. Devitha permalink
    05/11/2011 6:17 PM

    bravoo D.Pedrosa… ^_^

  12. 10/06/2012 9:29 PM

    aq suka yg ini

  13. xhanty permalink
    27/08/2012 12:16 PM

    love u pedrosa

  14. vasilis permalink
    29/10/2012 8:38 AM

    Respect Pedrosa…all the Geeks with you!

  15. dini permalink
    29/10/2012 2:32 PM

    biar kalah ataupun menang saya ttp mendukund dani pedrosa…orangnya mskipun kcl tp mantap..cool&calm……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.644 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: